iPhone Dikunci Ke Pemilik, Apa Artinya?

Pada saat proses pengaturan awal iPhone pernahkah kalian menemukan pesan "iPhone Dikunci Ke Pemilik" atau "iPhone Locked To Owner", contohnya seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah berikut.


Jika ya, tidak sedikit pengguna yang mempertanyakan, apa maksud dan arti dari pesan tersebut? dan mengapa iPhone meminta pengguna untuk memasukkan akun Apple ID atau opsi lainnya yaitu Password Perangkat?

iPhone Dikunci Ke Pemilik, Apa Artinya?

Pada dasarnya iPhone telah memberikan keterangan dan pesan yang cukup jelas bahwa artinya iPhone telah terkunci dan hanya dapat dibuka oleh pemilik aslinya saja, tepatnya pemilik yang mengetahui akun Apple ID (iCloud) atau Password yang ada pada iPhone tersebut.

iPhone menampilkan pesan ini untuk melindungi dirinya ketika di-reset secara paksa melalui mode Recovery ataupun DFU.

Bagaimana Cara Melewati atau Menghilangkan Pesan Tersebut?

Terdapat dua cara untuk menghilangkan pesan iPhone Dikunci Ke Pemilik tersebut.

  • Cara pertama silakan masukkan akun Apple ID (iCloud) yang digunakan atau ada pada iPhone.
  • Cara yang kedua silakan tap menu "Buka dengan Kode Sandi?" kemudian pilih "Gunakan Kode Sandi Perangkat" lalu masukkan password yang digunakan pada iPhone.

Bagaimana jika kalian tidak mengetahui Apple ID maupun Password Perangkat yang digunakan pada iPhone tersebut?

Jawaban sederhananya kalian tidak bisa melewati pesan tersebut sama sekali dan iPhone akan terkunci untuk selamanya. Metode reset apapun tidak akan berhasil sebab iPhone tersebut telah terkunci di level hardware atau perangkat keras.

Apakah Bisa Di-Bypass..?

Pernah kah kalian mendengar istilah iPhone Bypass? ya, Bypass sendiri adalah metode sejenis (hacking/modifikasi) yang bertujuan untuk melewati kunci aktivasi tersebut.

Selain marak dengan penipuan, metode Bypass ini tidak bisa sembarang dilakukan. Dibutuhkan alat khusus serta celah keamanan pada iPhone untuk melakukannya, sedangkan kebanyakan iPhone terbaru saat ini memiliki keamanan yang sangat kuat.

Sejauh yang Admin tahu, sampai postingan ini ditulis iPhone XR atau lebih baru belum bisa di-Bypass sama sekali.

Penutup...

Apabila iPhone tersebut bukan yang menjadi hak kalian sebaiknya pertimbangkan untuk mengembalikannya ke si Pemilik asli jika memungkinkan. Biasanya si Pemilik akan meninggalkan pesan atau bahkan nomor telepon pada layar iPhone yang dikirim melalui fitur keamanan iCloud bagi siapa saja yang menemukan iPhone tersebut.

Selain itu perlu diketahui juga meski iPhone sudah di-reset atau restore, si Pemilik aslinya masih tetap dapat melacak keberadaan iPhone tersebut melalui layanan iCloud. Sebab saat terhubung ke internet iPhone akan mengirimkan sinyal keberadaannya. Bukan hanya itu beberapa iPhone juga dapat mengirimkan sinyal keberadaannya tanpa memerlukan internet bahkan saat kondisi iPhone tidak menyala.


Namun jika iPhone tersebut memang benar-benar iPhone kalian, terdapat dua metode untuk membuka iPhone tersebut seperti yang sudah Admin jelaskan sebelumnya.