Video iPhone Stuck/Lama di Menyiapkan Video Setelah Di-edit

Mengedit video langsung melalui aplikasi Foto bawaan iPhone memang tergolong sangat praktis, mudah, dan cukup lengkap. Namun, tidak sedikit pengguna yang mengeluhkan bahwa setelah selesai di-edit video tidak bisa diputar alias stuck (prosesnya sangat lama) di "Menyiapkan Video" atau "Preparing Video".


Nah, untuk mengatasinya langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut.

Tap Dua Kali pada Video

Salah satu trik ampuh yang beredar bahwa cukup dengan tap dua kali pada Video maka proses menyiapkan video secara ajaib langsung berjalan hingga selesai dalam sekejap

Sederhananya, silakan tap dua kali pada Video dan cek apakah prosesnya langsung selesai atau masih stuck.

Jika tidak berhasil mungkin cara-cara di bawah ini adalah solusinya.

Restart iPhone

Sederhana, untuk mencegah adanya bug atau kesalahan sistem yang menyebabkan masalah tersebut silakan restart (mematikan kemudian menyalakan kembali) iPhone kalian.

Berikut cara cepat restart iPhone.

iPhone 8, X, XR, XS, 11, SE 2, 12, 13
  • Tekan tombol Volume Atas lalu lepas
  • Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas
  • Sekarang Tekan dan Tahan terus tombol Power/Lock hingga layar iPhone mati lalu menyala kembali

iPhone 7 dan 7 Plus
  • Tekan dan Tahan terus tombol Volume Atas atau Bawah (pilih salah satu) bersamaan dengan tombol Power/Lock hingga layar iPhone mati lalu menyala kembali

iPhone SE, 6S, 6, 5S, 5C, 5
  • Tekan dan Tahan terus tombol Home bersamaan dengan tombol Power/Lock hingga layar iPhone mati lalu menyala kembali

Setelah restart cek kembali hasilnya.

Nonaktifkan Mode Daya Rendah

Mode Daya Rendah berfungsi untuk menghemat penggunaan baterai iPhone. Namun, perlu diketahui juga bahwa mode ini akan mengurangi performa maksimal iPhone, dengan demikian maka proses editing video yang membutuhkan kinerja tinggi akan lebih lama selesai karena kecepatan iPhone yang terbatas.

Jadi, silakan coba nonaktifkan Mode Daya Rendah dan cek kembali hasilnya.

Tidak Sengaja Di-edit? Kembalikan ke Aslinya

Apabila kalian tidak sengaja atau ada niatan untuk mengedit video tersebut, kalian bisa mengembalikan video ke bentuk aslinya. Setelah dikembalikan maka pesan "Menyiapkan Video" sekejap akan hilang.

Caranya buka video yang stuck tersebut lalu tap menu Edit, kemudian tap kembali icon panah di pojok kanan bawah layar dan pilih Kembalikan ke Aslinya.


Update ke iOS versi Terbaru

Selanjutnya coba untuk update ke iOS versi terbaru yang tersedia saat ini. Biasanya di iOS versi terbaru masalah tersebut telah diperbaiki.

Caranya langsung saja buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Apabila tersedia silakan download dan install pembaruan iOS terbaru yang tersedia saat ini.

Tunggu Hingga Beberapa Menit/Jam

Cara-cara di atas tidak ada yang membuahkan hasil? coba tunggu hingga beberapa menit atau jam ke depan.

Untuk memastikan bahwa proses tidak mengulang lagi dari awal, pastikan layar iPhone tetap dalam keadaan menyala.

Ya, merepotkan memang. Namun jika pilihan lainnya tidak ada yang bekerja, menunggu mungkin adalah pilihan yang tepat untuk saat ini.

Gunakan Aplikasi Edit Pihak Ketiga Lainnya

Terakhir, pertimbangkan untuk mengedit video tersebut melalui aplikasi pihak ketiga. Dalam arti, kembalikan video ke bentuk aslinya melalui cara ke-4 di atas lalu gunakan aplikasi editor video lainnya.

Penutup...

Dari pengalaman Admin perbedaan performa perangkat serta ukuran video merupakan salah satu faktor yang menentukan kecepatan penerapan hasil edit.

Entah karena bug atau memang seperti itu, namun iPhone 11 Admin dapat menerapkan hasil edit (untuk crop bagian video) di atas 5 GB dalam waktu kurang dari 30 detik. Sedangkan untuk hal yang sama di iPhone XS Max membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit.