Cara Memperbaiki Apple Watch Tampil Tanda Seru Merah

Sebagian kecil pengguna Apple Watch mungkin saja mengalami masalah yang sepertinya sangat tidak biasa, yakni layar Apple Watch hanya menampilkan tanda seru "!" berwarna merah dan alamat website Apple "www.apple.com/help/watch".


Pesan tersebut biasanya muncul setelah melakukan update watchOS (sistem operasi) pada Apple Watch ke versi terbaru, meski tidak menutup kemungkinan muncul juga akibat masalah yang lainnya.

Nah, tanpa banyak berbasa-basi lagi langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk mengatasinya.

Cara Memperbaiki Apple Watch Hanya Tampil Tanda Seru Merah

Langkah penanganan pertama adalah dengan me-restart atau mengulang kembali sistem pada Apple Watch secara paksa. Caranya:

  1. Tekan dan Tahan terus tombol "Samping/Lock" bersamaan dengan tombol "Digital Crown" (tombol Bulat/Roda) selama sekitar 10 detik
  2. Apabila layar Apple Watch sudah menampilkan logo Apple, lepas tombol yang ditekan tersebut
  3. Tunggu dan lihat hasilnya

Apabila berhasil maka Apple Watch kalian akan kembali ke menu utama dan tampilan Tanda Seru Merah tersebut akan hilang.

Namun jika masih belum berhasil, silakan mempertimbangkan untuk restore/reset Apple Watch tersebut kembali ke pengaturan pabrik.

Cara Restore Apple Watch melalui iPhone

Metode Restore ini digunakan untuk memperbaiki (me-reset) sistem pada Apple Watch yang tidak mau merespon apapun, termasuk seperti masalah yang muncul di atas.

Meski begitu, cara ini membutuhkan iPhone dengan iOS 15.4 atau lebih baru dan Apple Watch dengan watchOS 8.5 atau lebih baru.

Biasanya alih-alih tampil tanda seru merah, Apple Watch akan menampilkan tampilan gambar "iPhone dan Apple Watch" seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah berikut.


Nah, untuk me-restore Apple Watch dalam kondisi tersebut, langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut ini.

Penting! aktifkan WiFi dan Bluetooth pada iPhone dan pastikan Apple Watch dan iPhone dalam keadaan di-charge

  1. Dekatkan iPhone dengan Apple Watch
  2. Jika sudah tekan tombol Samping/Lock pada Apple Watch sebanyak dua kali
  3. Terakhir, silakan ikuti instruksi yang ditampilkan di layar iPhone

Pastikan iPhone dan Apple Watch tetap terhubung ke pengisian daya hingga prosesnya selesai.

Solusi Terakhir...

Apabila cara-cara di atas tidak ada satupun yang membuahkan hasil, disarankan untuk membawa Apple Watch tersebut ke authorized service center Apple agar dapat ditangani lebih lanjut.

Baik, itu saja informasi cara memperbaiki Apple Watch yang hanya tampil tanda seru Merah. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.