Cara Scan Teks di Aplikasi Catatan iPhone dan iPad

Sebagian besar iPhone dan iPad terbaru memiliki fitur untuk scan teks (text)/tulisan entah langsung melalui kamera atau mendeteksinya pada gambar yang sudah ada.

Nantinya, tulisan tersebut dapat kalian salin kemanapun. Salah satu yang paling umum adalah aplikasi catatan.


Nah, jika scan biasanya dilakukan langsung melalui aplikasi kamera seperti yang sudah pernah dibahas di sini: Cara Scan atau Copy Tulisan dari Gambar di iPhone dan iPad. Pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara cepat scan dan salin teks langsung melalui aplikasi catatan. Jadi, pengguna tidak perlu secara terpisah mengakses aplikasi kamera lagi.

Kalau begitu, langsung saja ikuti cara-cara berikut ini.

Cara Scan atau Salin Teks di Aplikasi Catatan iPhone dan iPad

1. Buka aplikasi Catatan iPhone kemudian buat catatan baru (disarankan untuk memberi heading judul terlebih dahulu)

2. Jika sudah, silakan tap sembarang tempat pada layar catatan atau tap menu tanda tambah lalu pilih icon kamera. Contohnya seperti yang ditunjukkan gambar di bawah

Tap sembarang tempat pada layar > tap icon "Scan"

Tap icon "+" lalu tap icon "kamera" kemudian pilih menu "Pindai Teks"

PENTING! apabila menu atau icon untuk Scan tidak tampil, pastikan iPhone yang kalian gunakan sudah mendukungnya serta telah menggunakan minimal iOS 15. Daftar iPhone yang mendukung fitur ini yakni mulai dari iPhone XR, XS, 11, SE 2, 12, 13, SE 3, dan lebih baru serta iPad 8, iPad Air 3, iPad mini 5, dan iPad Pro atau lebih baru.

Selain itu, pastikan juga kalian telah mengaktifkan fitur Live Text/Teks Langsung melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Bahasa & WilayahJika masih tidak muncul juga, pada menu yang sama coba ubah bahasa iPhone dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris.

3. Jika sudah akan muncul jendela kamera di bagian bawah layar. Silakan arahkan kamera tersebut ke teks yang akan disalin

4. Jika sudah tap "sisipkan" untuk menambahkan teks ke dalam catatan


5. Untuk memilih teks tertentu saja silakan tap icon "Scan Teks" yang ada di pojok kanan bawah layar, kemudian tap pada teks tertentu yang akan disalin


Penutup...

Nah, bagaimana apakah sudah berhasil? selain teks/tulisan melalui aplikasi catatan kalian juga dapat scan dokumen, menyisipkan foto atau video, dan masih banyak lagi yang lainnya. Aplikasi catatan iPhone dan iPad memang tergolong cukup multifungsi.


Oke, itu saja informasi cara scan dan salin teks di aplikasi catatan di iPhoen dan iPad. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!