Status Jailbreak iOS/iPadOS 15.4 untuk iPhone dan iPad

Apple baru saja merilis update besar untuk iOS/iPadOS 15 melalui iOS 15.4 dan iPadOS 15.4. Dalam update kali ini terdapat cukup banyak perubahan, fitur baru, serta perbaikan.


Mungkin bagi pengguna pada umumnya selain untuk mendapatkan fitur baru, menginstall update sistem operasi terbaru adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa perangkat mereka tetap dalam keadaan yang optimal.

Di sisi lain bagi pengguna yang lebih "Advanced" terutama bagi mereka yang menginginkan akses jailbreak, update sistem operasi adalah hal perlu dipikirkan berulang-ulang. Sebab semakin baru sistem operasi maka semakin kuat juga keamanannya sehingga kesempatan untuk mendapatkan akses "Jailbreak" di perangkat mereka akan semakin kecil.

Lalu, bagaimana status jailbreak iOS/iPadOS 15.4 kali ini?

Status Jailbreak iOS/iPadOS 15.4

Singkatnya, sampai saat postingan ini ditulis belum ada satupun alat atau aplikasi jailbreak yang tersedia untuk mendapatkan akses jailbreak di iOS 15.4 bahkan sejak iOS 15 dirilis ke publik.

Jadi, bagi yang saat ini ingin men-jailbreak iPhone atau iPad-nya yang berada di iOS/iPadOS 15. Maka jawabannya "belum bisa".

Perubahan sistem keamanan yang diterapkan Apple di iOS/iPadOS 15 sepertinya cukup ampuh mencegah "hacker" untuk mendapatkan akses jailbreak di iPhone dan iPad dalam waktu yang cukup lama.

Perilisan Jailbreak iOS 15

Meski begitu dari kabar yang beredar, saat ini banyak developer jailbreak yang mulai mengerjakan jailbreak untuk iOS 15. Salah satu contohnya adalah developer aplikasi jailbreak "Checkra1n".


Selain itu ada juga "Coolstar" yakni developer dibalik aplikasi jailbreak electra, chimera, dan odyssey yang sepertinya sedang mengerjakan jailbreak untuk iOS 15 - iOS 15.1.1.

Penutup...

Pada akhirnya yang bisa kita lakukan sekarang adalah "menunggu" dan tetap mengikuti peraturan lama dari komunitas jailbreak, yakni tetap tahan pada versi iOS serendah mungkin dan hindari update ke iOS versi terbaru sampai ada informasi lebih lanjut.

Kalian dapat memantau perkembangan atau perilisan jailbreak iOS/iPadOS terbaru melalui blog ini, terutama melalui halaman berikut: https://www.pukeva.com/search/label/Jailbreak