Apakah Apple Watch Perlu Anti Gores atau Pelindung Layar?

Mengingat Apple Watch merupakan salah satu Smartwatch dengan harga yang cukup mahal, apakah Apple Watch masih perlu menggunakan Anti Gores, Tempered Glass, atau Pelidung Layar sejenis lainnya untuk melindungi layar dari goresan dan benturan?

Berikut jawaban dan ulasan selengkapnya...

Apakah Apple Watch Perlu Anti Gores?


Dari segi ketahanan Apple sendiri mengatakan bahwa layar Apple Watch sudah tahan gores alias scratch-resistant.

Namun begitu, tahan bukan berarti tidak bisa tergores, ada cukup banyak pengguna yang mengeluhkan jika layar Apple Watch mereka mudah tergores.

Diperlukan atau tidaknya menggunakan anti gores di Apple Watch sebenarnya kembali lagi ke preferensi pengguna.

Apabila ingin melindungi layar Apple Watch dari goresan ataupun benturan, maka anti gores diperlukan.

Namun, bagi yang tidak ingin menggunakan anti gores juga sebenarnya tidak masalah. Layar Apple Watch sendiri memiliki daya tahan yang cukup baik saat menghadapi benturan pada penggunaan sehari-hari.

Alasan Mengapa Apple Watch Perlu Pelindung Layar


Selain untuk melindungi dari goresan, anti gores atau pelindung layar terutama tempered glass, secara signifikan dapat membantu membantu melindungi layar dari risiko pecah atau retak akibat benturan yang keras.

Saat ini sudah banyak pelindung layar untuk Apple Watch dengan harga yang terjangkau serta memiliki kejernihan yang tinggi layaknya tidak menggunakan pelindung layar sama sekali.

Jadi mengingat kelebihan yang ditawarkan, tidak ada salahnya menginvestasikan sedikit uang dan waktu untuk memasang pelindung layar di Apple Watch, bukan?

Alasan Mengapa Apple Watch Tidak Perlu Pelindung Layar


Terdapat dua jenis pelindung layar bawaan yang digunakan oleh Apple Watch, yakni kaca Sapphire dan kaca Ion-X. Keduanya sudah memiliki perlindungan terhadap goresan dan benturan yang sangat baik.

Ya, mungkin memang seiring waktu dan penggunaan layar Apple Watch akan menampilkan tanda goresan-goresan yang cukup halus. Namun, kebanyakan goresan-goresan tersebut hanya terlihat jika dilihat pada posisi atau jarak tertentu saja.

Di sisi lain kalian juga tetap dapat merasakan tampilan serta sentuhan asli dari layar Apple Watch.

Jadi, tidak menggunakan pelindung layar di Apple Watch bukanlah pilihan yang buruk. Apalagi, jika Apple Watch kalian sudah menggunakan layar Sapphire.

Kaca Sapphire dan Ion-X pada Layar Apple Watch


Kaca Sapphire adalah kaca terkuat yang dimiliki oleh Apple Watch, lebih kuat terhadap goresan dan benturan dibandingkan kaca Ion-X. Sayangnya kaca Sapphire hanya dimiliki oleh Apple Watch dengan harga yang lebih mahal berbahan Stainless steel dan Titanium.

Meski tidak sekuat kaca Sapphire namun kaca Ion-X yang dimiliki Apple Watch berbahan Alumunium, sebenarnya sudah cukup memiliki perlindungan terhadap goresan dan benturan, apalagi hanya untuk sekedar aktivitas penggunaan sehari-hari.

Penutup...

Admin sendiri merupakan salah satu pengguna Apple Watch dengan material Alumunium, selain harganya yang lebih murah, ketahanannya kaca Ion-X terhadap goresan juga sudah terbilang sangat baik.

Namun begitu, mengingat harga anti gores yang tidak terlalu mahal dan mudah dipasang, secara pribadi Admin sendiri memutuskan untuk menggunakan anti gores.

Pada akhirnya kembali lagi ke preferensi masing-masing. Mau dipakai silakan mau tidak juga tidak masalah.