Apa Arti Signed dan Unsigned IPSW?

IPSW sendiri merupakan ekstensi file yang dipakai untuk menginstall sistem operasi atau firmware pada perangkat besutan Apple. Contohnya seperti iOS untuk iPhone/iPad), iPadOS untuk iPad, tvOS untuk Apple TV, watchOS untuk Apple Watch, serta audioOS untuk HomePod.

Namun, saat akan mendownload atau menginstall file IPSW seringkali kita menemukan istilah "Signed IPSW" dan "Unsigned IPSW".

Lalu, apa itu Signed dan Unsigned IPSW tersebut? dan apa arti atau maksudnya?

Arti Signed dan Unsigned IPSW


Signed IPSW merupakan status yang menandakan bahwa versi file IPSW atau sistem operasi tersebut masih bisa atau diizinkan oleh Apple untuk diinstall. Biasanya Signed IPSW hanya ditemukan pada beberapa sistem operasi versi terbaru saja.

Sedangkan Unsigned IPSW menandakan bahwa status versi file IPSW atau sistem operasi tersebut sudah tidak bisa lagi diinstall atau tidak lagi diizinkan oleh Apple untuk diinstall. Biasanya Unsigned IPSW merupakan sistem operasi versi lama.

Perlu kalian ketahui bahwa seluruh file IPSW yang akan diinstall harus diverifikasi terlebih dahulu ke server Apple. Jadi, tergantung Apple apakah file IPSW tersebut masih bisa atau tidak bisa diinstall.

Bagaimana Cara Cek IPSW Signed atau Unsigned?

Saat ini sudah banyak website yang memberikan kemudahan untuk cek apakah IPSW tersebut masih di-signed atau sudah unsgined.

Berikut adalah salah satu contoh atau caranya:

1. Buka website berikut: IPSW.ME

2. Kemudian pilih model perangkat yang digunakan

3. Setelah itu kalian bisa menemukan status IPSW yang masih Signed dan yang sudah Unsigned.


Mengapa IPSW Harus Di-unsigned?

Salah satu alasan utamanya yakni mencegah pengguna agar tidak downgrade atau menginstall sistem operasi versi lama pada perangkat. Sebab menginstall sistem operasi versi lama sangat berisiko terhadap keamanan, stabilitas, serta kompatibilitas perangkat.

Hal ini jugalah yang menjadi alasan mengapa File IPSW yang sudah dalam status Unsigned merupakan file IPSW dengan sistem operasi versi lama.

Apakah Menginstall IPSW Aman?


Ya, bisa dibilang menginstall file IPSW sangat aman karena file IPSW akan diverifikasi dulu oleh Apple sebelum diizinkan untuk diinstall ke perangkat.

Selain itu proses restore melalui aplikasi resmi Apple yakni iTunes, juga sebenarnya akan men-download file IPSW untuk kemudian diinstall ke perangkat yang akan di-restore.

Namun begitu, untuk keamanan disarankan untuk menginstall file IPSW melalui aplikasi iTunes saja ya atau Finder khusus di Mac.

Bagaimana Cara Download dan Install IPSW?

Bagi yang ingin download dan install IPSW, selengkapnya bisa cek di link berikut: Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone

Penutup...

Nah, bagaimana sudah tau kan arti Signed dan Unsigned IPSW?

Apabila kalian masih bingung atau ada yang ingin ditanyakan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya.