Cara Mengatasi Personal Hotspot iPhone Hilang di iOS 16

Hampir di setiap perilisan iOS generasi terbaru banyak pengguna mengeluhkan bahwa Personal Hotspot atau Hotspot Pribadi di iPhone mereka tiba-tiba hilang.

Nah, khusus pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara mengatasi atau mengembalikan "Personal Hotspot" iPhone yang hilang di iOS 16 atau setelah update ke iOS 16.

Kalau begitu, tanpa banyak berbasa-basi lagi, langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut ini.

Cara Mengatasi Personal Hotspot iPhone Hilang di iOS 16


1. Aktifkan Data Seluler iPhone

Bagi yang sehari-hari menggunakan jaringan internet dari WiFi di iPhone, mungkin sering akan menemukan kalau pengaturan data seluler ternyata belum diaktifkan.

Maka dari itu sebelum melanjutkan ke cara selanjutnya, pastikan terlebih dahulu data seluler di iPhone kalian telah dalam keadaan aktif. Caranya:

  • Buka aplikasi "Pengaturan" iPhone
  • Masuk ke menu "Seluler"
  • Kemudian pastikan menu "Data Seluler" telah dalam keadaan aktif


Jika sudah, biasanya menu "Personal Hotspot" atau "Hotspot Pribadi" akan segera muncul.

Namun, apabila cara ini tidak berhasil, langsung saja ikuti cara selanjutnya di bawah berikut ini.

2. Atur APN Jaringan iPhone

APN atau Access Point Name sendiri merupakan menu pengaturan jaringan seluler, yang nantinya pengaturan tersebut akan digunakan oleh operator jaringan seluler untuk mengindentifikasi serta menetapkan pengaturan jaringan yang tepat untuk perangkat kalian.

Personal Hotspot di iPhone umumnya hanya akan muncul ketika pengguna sudah mengatur pengaturan APN di iPhone. Berikut adalah cara mengatur APN di iPhone:

1. Buka aplikasi "Pengaturan" iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Seluler > Jaringan Data Seluler


3. Selanjutnya pada seluruh kolom "APN" yang tersedia, silakan masukkan pengaturan berikut sesuai dengan operator seluler yang kalian gunakan:

  • Pengguna "Telkomsel" masukkan APN: telkomsel
  • Pengguna "Indosat" masukkan APN: indosatgprs
  • Pengguna "XL" masukkan APN: internet
  • Pengguna "Smartfren" masukkan APN: smartfren
  • Pengguna "Axis" masukkan APN: axis
  • Pengguna "Tri" masukkan APN: 3gprs
  • Pengguna "By.u" masukkan APN: byu

Berikut contoh memasukkan APN-nya:


Untuk menu "Nama Pengguna" dan "Kata sandi" biarkan kosong saja.

4. Langkah terakhir, silakan keluar ke menu utama aplikasi Pengaturan, nyalakan "Mode Pesawat", tunggu beberapa saat lalu matikan dan seketika menu "Personal Hotspot" atau "Hotspot Pribadi" akan muncul.

Apabila belum muncul juga, coba restart iPhone atau sederhananya dengan cara mematikan iPhone lalu menyalakan kembali. Jika sudah, silakan cek lagi hasilnya.

3. Reset Pengaturan Jaringan iPhone

Untuk mengatasi atau mencegah kemungkinan bug alias kesalahan pada sistem yang menyebabkan "Personal Hotspot" atau "Hotspot Pribadi" hilang, disarankan untuk me-reset pengaturan jaringan iPhone.

Berikut cara reset pengaturan jaringan iPhone:

1. Buka aplikasi "Pengaturan" iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang


3. Setelah itu pilih menu "Atur Ulang Jaringan"


Jika sudah selesai, silakan atur kembali APN jaringan di iPhone seperti yang ditunjukkan di cara sebelumnya.

Penutup...

Bagaimana, apakah cara-cara di atas sudah berhasil menampilkan kembali menu Personal Hotspot atau Hotspot Pribadi di iOS 16?

Seharusnya sudah ya, namun apabila cara-cara di atas tidak ada satupun yang membuahkan hasil. Kalian bisa mencoba menghubungi customer service operator seluler yang digunakan untuk informasi cara mengaktifkan layanan Personal Hotspot.

Baik, itu saja informasi cara mengatasi Personal Hotspot iPhone yang Hilang di iOS 16. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.