Apakah Charger iPhone Dijual Terpisah?

Banyak informasi yang beredar bahwa beberapa model iPhone terbaru tidak lagi mendapatkan charger sehingga pengguna perlu membeli charger tersebut secara terpisah.

Lalu, apakah informasi tersebut benar? apakah charger iPhone saat ini dijual terpisah? berikut informasinya untuk kalian.

Apakah Charger iPhone Dijual Terpisah?

iPhone tidak lagi mendapatkan adaptor charger

Ya, khusus jajaran iPhone 12, iPhone 13, dan lebih baru, charger tepatnya adaptor atau kepala charger-nya dijual secara terpisah. Pengguna hanya akan mendapatkan kabel charger "USB-C to Lightning" pada paket pembelian iPhone.

Bagi yang sebelumnya sudah memiliki adaptor charger dengan konektor USB-C, kalian bisa menggunakannya tanpa harus membeli yang baru. Namun jika tidak punya, tentu kalian harus membelinya lagi.

Apple Adaptor Charger USB-C


Oh ya, Apple juga tidak lagi mempaketkan iPhone bersama dengan earphone.

Saat membeli iPhone baru yang kalian dapatkan hanya unit iPhone itu sendiri, kabel charger, stiker, serta dokumen petunjuk penggunaan.

Kelengkapan isi paket dalam dus iPhone 12 Pro

Alasan mengapa Apple tidak mempaketkan charger atau earphone lagi adalah untuk mengurangi sampah kemasan dan emisi karbon, sebab ukuran dus iPhone yang juga menjadi lebih kecil.

Penutup...

Langkah Apple menghilangkan charger serta earphone lebih terlihat seperti untuk meningkatkan penjualan. Meski tidak dipungkiri langkah ini juga berdampak untuk mengurangi emisi karbon.

Jadi pada intinya, bagi yang akan membeli jajaran iPhone 12 dan lebih baru, pertimbangkan untuk membeli adaptornya juga, terutama apabila sebelumnya kalian belum memilikinya sama sekali.