Cara Crop Objek pada Foto dan Video di iPhone

Melalui iOS 16 pengguna iPhone yang ingin meng-crop atau mengambil objek dari sebuah foto serta video, dapat melakukannya dengan sangat mudah. Seluruh prosesnya dilakukan secara otomatis berkat pembelajaran mesin tingkat lanjut yang hadir melalui iOS 16.


Ya, tidak perlu memilih secara manual pada objek yang akan dicrop, sebab objek akan dideteksi secara pintar oleh iPhone. Yang perlu kalian lakukan hanyalah memilihnya.

Kalau begitu, langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk crop objek pada foto atau video di iPhone kalian.

Cara Crop Objek pada Foto dan Video di iPhone

Sebelum melanjutkan perlu kalian ketahui bahwa fitur crop objek pada foto atau video ini hanya berlaku bagi iPhone serta iPad yang sudah menggunakan atau mendukung iOS 16 dan iPadOS 16. Jadi, pastikan kalian sudah update ke minimal iOS 16 atau lebih baru ya.

Jika sudah langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut ini.

1. Buka aplikasi "Foto" bawaan iPhone

2. Kemudian buka foto yang diinginkan, sedangkan untuk video silakan di-pause pada tampilan objek yang mau di-crop

3. Jika sudah, silakan tekan dan tahan pada objek yang akan di-crop hingga muncul getaran pada layar lalu lepas.

Sebagai contoh di sini Admin akan crop objek "Bunga" seperti yang ditunjukkan gambar di bawah


Pada tahap ini juga, tepatnya setelah getaran muncul, kalian dapat langsung menyeret objek tersebut ke aplikasi lainnya, yakni dengan cara ditahan kemudian gunakan jari lainnya untuk multitask berpindah ke aplikasi yang diinginkan. Berikut contohnya:


4. Apabila berhasil akan muncul pilihan "Salin" atau "Bagikan"


5. Silakan pilih "Salin" untuk menyalin objek sedangkan pilih menu "Bagikan" untuk membagikan objek atau menyimpannya menjadi gambar baru



Bagaimana, apakah sudah berhasil? sangat mudah, bukan?

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Getar di Keyboard iPhone

Tidak Semua Objek Bisa Dideteksi

Sayangnya memang tidak semua objek bisa dideteksi atau crop secara sempurna, terutama untuk objek yang memiliki bentuk kerumitan yang tinggi.

Proses crop yang paling mudah atau biasanya terdeteksi secara sempurna adalah objek fokus pada foto atau video bokeh.

Penutup...

Ya, bagi pengguna iOS 16 dan lebih baru kalian tidak membutuhkan lagi aplikasi sejenis untuk sekedar crop objek menonjol pada foto atau video.

Meski begitu, melihat dari kekurangan pendeteksian yang terkadang tidak akurat untuk objek yang rumit, menggunakan aplikasi editor dan melakukan crop secara manual mungkin tetap menjadi solusi yang tepat.