Cara Menghilangkan Search/Cari di Home Screen iPhone

Melalui iOS 16 dan lebih baru pengguna iPhone akan menemukan menu "Search" atau "Cari" di Home Screen, tepatnya di area bawah aplikasi seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah berikut:


Dibandingkan cara sebelumnya dengan mengusap layar home screen ke arah bawah, menu "Search" atau "Cari" tersebut hadir untuk lebih mempermudah pengguna baru untuk mengakses atau menemukan pencarian di iPhone.

Namun, bagi kalian yang tidak menyukainya, kalian dapat menghilangkan menu tersebut dengan sangat mudah. Kalau begitu, langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut ini:

Cara Menghilangkan Search/Cari di Home Screen iPhone

1. Buka aplikasi "Pengaturan" iPhone

2. Kemudian pilih menu "Layar Utama"


3. Jika sudah, silakan nonaktifkan menu "Tampilkan Spotlight"


Terakhir silakan cek kembali hasilnya. Menu "Search" atau "Cari" akan menghilang digantikan titik-titik yang penunjuk halaman atau navigasi home screen iPhone.

Penutup...

Setelah dihilangkan kalian tetap bisa dengan mudah mengaksesnya dengan cara mengusap pada sembarang tempat di home screen ke arah bawah. Seketika menu pencarian atau yang disebut juga sebagai "Spotlight" akan muncul.

Ya, kehadiran menu "Search" atau "Cari" tersebut lebih berguna bagi pengguna yang baru saja beralih menggunakan iPhone. Sebab bagi sebagian pengguna baru, mungkin mengusap home screen ke arah bawah adalah hal yang terbilang cukup "Tricky" atau jarang terpikirkan.