Cara Update iOS Menggunakan 3uTools

Pada postingan kali ini Admin akan membagikan tutorial lengkap cara update iOS menggunakan aplikasi 3uTools.

Baik, tanpa banyak berbasa-basi lagi langsung saja simak informasinya berikut ini.

Apa itu 3uTools?


3uTools adalah aplikasi multifungsi khusus untuk iPhone, iPad, maupun iPod touch yang berfungsi untuk memanajemen data seperti transfer foto, musik, video, ringtone, dll., restore iOS termasuk update atau downgrade, jailbreak, dan masih banyak fitur tambahan lainnya.

Aplikasi ini dapat menjadi alternatif tepat dari aplikasi iTunes milik Apple karena fiturnya yang lebih lengkap dan mudah digunakan.

3uTools untuk Update iOS


Pengguna iPhone dapat memanfaatkan aplikasi 3uTools untuk update iOS. Caranya juga tergolong sangat mudah. Yang kalian butuhkan hanyalah kabel data dan koneksi internet.

Meski begitu, Admin sendiri lebih menyarankan agar pengguna melakukan update iOS langsung melalui aplikasi Pengaturan iPhone, tepatnya yang berada pada menu Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Cara ini tentu jauh lebih cepat, mudah, praktis, dan aman.

Namun, bagi yang memang ingin tetap melakukan update iOS dengan 3uTools untuk alasan tertentu. Langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut ini.

Cara Update iOS Menggunakan 3uTools

Sebelum melanjutkan, silakan siapkan hal-hal berikut terlebih dahulu:

  • Komputer atau Laptop dengan Windows 10 atau lebih baru (macOS belum didukung)
  • Aplikasi iTunes dan 3uTools (aplikasi iTunes tetap dibutuhkan sebagai "Driver")
  • Kabel data
  • Koneksi Internet
  • Ruang penyimpanan kosong disarankan sekitar 10GB
  • Backup data-data penting untuk berjaga-jaga kemungkinan proses gagal

Jika sudah, langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut ini.

1. Pertama sambungkan iPhone ke komputer menggunakan kabel data lalu buka aplikasi 3uTools

Apabila baru pertama kali menginstall aplikasi iTunes, silakan buka aplikasi iTunes terlebih dahulu dan pastikan iPhone telah terdeteksi.

2. Selanjutnya (lihat contoh gambar di bawah) pilih menu "Smart Flash" (1), lalu pilih versi update iOS (firmware) yang akan diinstall (2), kemudian pastikan kalian memilih menu "Retain User's Data" (3), selanjutnya klik menu "Flash" (4).

PENTING! hindari memiliki iOS versi beta atau percobaan tak terkecauli kalian memang menginginkannya. Sebab iOS versi beta memiliki banyak bug dan masalah stabilitas.


3. Apabila muncul menu seperti yang ditunjukkan gambar di bawah berikut, klik saja "Flash"


4. Sekarang tunggu hingga proses download firmware atau update iOS-nya selesai


5. Setelah selesai secara otomatis 3uTools akan mulai memverifikasi dan menginstall update, apabila muncul pesan seperti yang ditunjukkan gambar di bawah silakan pilih "Yes"


6. Pada tahap ini 3uTools akan mulai menginstall update iOS, silakan tunggu dan ikuti prosesnya hingga selesai.


7. Saat proses update berlangsung perhatikan juga iPhone kalian, sebab nantinya kalian akan diminta untuk mengkonfirmasi proses pemulihan data melalui iPhone (konfirmasi dengan cara gesek ke atas atau tekan tombol home)

8. Jika sudah selesai, silakan cek iPhone kalian dan lihat hasilnya!


Bagaimana mudah, bukan? aplikasi 3uTools ini dapat kalian manfaatkan juga untuk keperluan lainnya yang tidak ditawarkan secara langsung oleh aplikasi iTunes.

Contohnya seperti melakukan downgrade iOS (selama versi iOS masih signed/diizinkan oleh Apple untuk diinstall), menginstall iOS versi beta/percobaan, memperbaiki iOS yang corrupt melalui mode recovery, dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.

Penutup...

Sekali lagi, jika hanya untuk sekedar update ke versi terbaru iOS, Admin sendiri lebih menyarankan agar kalian langsung melakukannya melalui aplikasi Pengaturan iPhone. Cara ini jauh lebih cepat, praktis, dan juga aman.

Di sisi lain kalian juga bisa memanfaatkan aplikasi iTunes, yakni aplikasi resmi milik Apple. Meski memang tidak selengkap yang ditawarkan oleh 3uTools.

Oke, itu saja informasi cara update iOS pakai aplikasi 3uTools yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.