iPhone Boros Baterai, Cepat Panas, dan Ngelag Setelah Update iOS 16

Banyak pengguna yang mengeluhkan bahwa iPhone mereka menjadi boros baterai, cepat panas, bahkan ngelag setelah update iOS 16. Entah itu di iPhone 8, 8 Plus, X, XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro, 11 Pro Max, SE Gen-2 (2020), 12, 12 mini, 12 Pro, 12 Pro Max, 13, 13 mini, 13 Pro, 13 Pro Max, hingga iPhone SE Gen 3 (2022).

Jika kalian merupakan salah satu pengguna iPhone yang mengalaminya, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-cara lengkap untuk mengatasi masalah tersebut.

Baik, tanpa banyak berbasa-basi lagi langsung saja simak informasinya di bawah berikut ini.

Penyebab Baterai iPhone Boros, Cepat Panas, dan Ngelag Setelah Update iOS 16


1. Penyesuaian iOS Baru

Salah satu penyebab paling umum mengapa iPhone menjadi boros baterai, cepat panas, hingga ngelag sesaat setelah update ke iOS 16 adalah karena iPhone sedang melakukan penyesuaian.

Ya, saat pertama kali menginstall update iOS terbaru, iPhone sendiri akan melakukan penyesuaian terhadap fitur-fitur baru yang hadir pada iOS tersebut. Proses penyesuaian ini memang tidak dapat kalian pantau kemajuannya.

Namun tidak perlu khawatir, sebab proses penyesuaian hanya berlangsung dalam beberapa hari saja. Setelahnya dalam arti ketika proses penyesuaian selesai, iPhone akan kembali normal.

2. iOS 16 Masih Belum Stabil

Sudah tidak menjadi hal yang mengherankan jika di setiap perilisan awal generasi iOS terbaru akan selalu ada bug baru yang menyebabkan iOS menjadi tidak stabil sehingga menimbulkan gejala boros baterai, cepat panas, serta ngelag.

Biasanya bug ini datang dari fitur-fitur baru yang belum benar-benar optimal.

3. Aplikasi Belum Sepenuhnya Kompatibel

Sistem operasi terbaru akan memperkenalkan sistem yang mungkin juga baru, sehingga aplikasi yang kalian download sebelumnya yang belum secara resmi mendukung iOS 16, biasanya akan berjalan dengan tidak stabil alias tidak optimal.

Akibat dari kurang optimalnya aplikasi tersebut iPhone mengalami boros baterai, cepat panas, dan ngelag saat menjalankannya.

4. iPhone Kewalahan Menjalankan Fitur Baru

Meski masih mendapatkannya namun khusus iPhone keluaran lama tidak menutup kemungkinan akan menggunakan banyak sumber daya untuk menjalankan fitur baru tersebut.

Sebab semakin baru iPhone maka kinerja dan performanya akan semakin baik dalam menangani beragam tugas berat di masa yang akan datang, termasuk fitur-fitur baru yang hadir di iOS generasi terbaru.

5. Kesehatan Baterai iPhone Semakin Memburuk

Mungkin ketika masih di iOS 15 tidak banyak dampak yang dihasilkan oleh penurunan kesehatan baterai iPhone. Namun, setelah update ke iOS 16 dampak tersebut mungkin akan semakin terasa karena penyesuaian dan fitur baru yang hadir.

Normalnya iPhone akan berjalan dengan normal hingga kesehatan baterai atau battery health-nya berada di atas 80%. Kurang dari itu, besar kemungkinan iPhone akan mengalami boros baterai yang diperparah cepat panas dan juga ngelag

Untuk cek kesehatan baterai atau battery health iPhone silakan masuk ke aplikasi "Pengaturan" lalu pilih menu Baterai > Kesehatan Baterai.

Cara Mengatasi iPhone Boros Baterai, Cepat Panas, dan Ngelag Setelah Update iOS 16


1. Restart iPhone

Restart atau sederhananya dengan mematikan iPhone lalu menyalakannya kembali adalah salah satu cara ampuh untuk menyegarkan sistem iPhone yang bermasalah.

2. Tunggu Hingga Beberapa Hari ke Depan

Khususnya bagi yang baru saja menginstall update iOS 16, kalian bisa menunggu hingga beberapa hari ke depan sampai iPhone selesai melakukan penyesuaian di iOS 16.

3. Cek Update iOS Terbaru

Di awal-awal perilisan iOS 16 biasanya Apple akan secara rutin merilis perbaikan-perbaikan dalam waktu dekat.

Jadi, silakan cek secara berkala apakah sudah tersedia update iOS 16 terbaru lagi atau tidak.

4. Update Aplikasi ke versi Terbaru

Apabila hal ini terjadi saat mengakses aplikasi tertentu, coba update aplikasi tersebut ke versi terbaru (apabila tersedia) melalui App Store.

5. Reset iPhone

Kalian bisa mencoba me-reset iPhone kembali ke pengaturan default atau pabrik, dengan harapan masalah pada sistem yang mungkin diakibatkan oleh bug akan teratasi.

Meski begitu cara ini adalah cara terakhir yang Admin rekomendasikan. Jadi, tergantung keputusan kalian.

Terdapat dua metode reset yang dapat kalian gunakan. Yang pertama tanpa menghapus data (hanya pengaturan saja) dan yang kedua dengan menghapus data alias mengembalikan seluruh iPhone menjadi layaknya baru.

  • Untuk menggunakan metode yang pertama silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang lalu pilih menu "Atur Ulang Pengaturan".
  • Untuk metode yang kedua silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone lalu pilih menu "Hapus Konten & Pengaturan".

Jika sudah, silakan cek kembali hasilnya.

Tips Mengurangi Boros Baterai, Cepat Panas, dan Ngelag di iOS 16


Apabila tidak ada salah satu dari cara di atas yang berhasil mengatasi boros baterai, cepat panas, dan ngelag yang terjadi di iOS 16, kalian bisa mempertimbangkan untuk mengikuti beberapa tips ampuh berikut ini.

  • Kurangi kecerahan layar iPhone atau gunakan "Kecerahan Otomatis" untuk menghemat penggunaan baterai dan mengurangi panas berlebih.
  • Aktifkan "Mode Daya Rendah" untuk menghemat penggunaan baterai.
  • Hapus aplikasi yang sudah tidak lagi dipakai.
  • Kurangi jumlah Widget di home screen.
  • Matikan konektivitas yang sedang tidak terpakai, misalnya "Bluetooth".
  • Nyalakan "Mode Pesawat" untuk mematikan jaringan yang sedang tidak stabil atau sulit didapat (alternatifnya, gunakan WiFi).

Bagaimana, apakah salah satu dari cara-cara di atas sudah membuahkan hasil?

Jika masih belum juga silakan cek "Kesehatan Baterai" atau "Battery Health" iPhone, atau kalian bisa mempertimbangkan untuk "Downgrade ke iOS 15" selama masih diizinkan oleh Apple.

Cek Kesehatan Baterai iPhone


Buka aplikasi "Pengaturan" lalu masuk ke menu Baterai > Kesehatan Baterai dan perhatikan apakah terdapat pesan bahwa kesehatan baterai telah menurun drastis? atau apakah menu "Kapasitas Maksimum" telah menunjukkan angka di bawah 80%?

Jika ya, maka solusi tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara mengganti baterai iPhone ke baterai yang baru. Dengan begitu performa dan kinerja iPhone akan kembali menjadi normal.

Saat ini cukup banyak pengguna iPhone yang tidak menyadari bahwa setelah penggunaan selama bertahun-tahun, kesehatan baterai iPhone akan menurun secara drastis dan menyebabkan beragam masalah seperti boros, cepat panas, serta ngelag.

Downgrade ke iOS 15


Pengguna iPhone dengan iOS 16 yang ingin downgrade kembali ke iOS 15 dapat melakukannya dengan mudah selama aksesnya masih dibuka oleh Apple.

Ingat ya "selama masih dibuka/diizinkan oleh Apple", sebab untuk alasan keamanan dan stabilitas Apple secara rutin menutup akses downgrade ke iOS versi lama beberapa saat setelah merilis iOS versi terbaru (umumnya dalam hitungan hari atau minggu).

Bagi yang tertarik atau sudah memutuskan untuk downgrade dulu ke iOS 15, langsung saja ikuti cara-cara yang ada pada link berikut: Cara Downgrade iOS 16 ke iOS 15 dengan iTunes

Penutup...

Umumnya beberapa pengguna akan merasakan stabilnya iOS generasi terbaru setelah beberapa kali mendapatkan update kecil yang membawa perbaikan serta pengoptimalan. Jadi, bagi yang merasa iOS 16 masih belum stabil, waktulah yang akan menjawabnya.

Di sisi lain, faktor dari perangkat itu sendiri misalnya karena Battery Health yang sudah menurun drastis, serta faktor aplikasi yang didownload belum sepenuhnya optimal, dapat menjadi penyebabnya juga.

Oke, itu saja informasi cara mengatasi baterai iPhone boros, iPhone cepat panas, atau iPhone jadi ngelag setelah update ke iOS 16. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.