Apa Arti dan Maksud iPhone Secondhand Unit?

Dalam jual beli iPhone seringkali kita menemukan beragam istilah yang merujuk pada kondisi iPhone tersebut, salah satunya adalah "iPhone Secondhand Unit".

Nah, mungkin banyak dari kalian yang belum tahu arti atau maksud dari "iPhone Secondhand Unit" tersebut. Jika begitu, pada postingan kali ini Admin akan membagikan informasinya untuk kalian.

Apa Arti dan Maksud iPhone Secondhand Unit?


iPhone Secondhand Unit memiliki arti bahwa iPhone tersebut merupakan barang bekas pakai.

Bekas pakai dalam arti bahwa iPhone sudah tidak lagi tersegel baru dari pabrik, sudah pernah dibuka, sudah diaktifkan, dan sudah dipakai, yang kemudian akan dijual kembali oleh si Pemilik sebelumnya.

Jadi, intinya iPhone Secondhand Unit merupakan iPhone bekas pakai dan sudah tidak dalam kondisi baru lagi.

Apa Kelebihan dan Kekurangan iPhone Secondhand Unit?


Kelebihan iPhone Secondhand Unit yakni bisa didapatkan dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan harga iPhone yang masih dalam kondisi baru.

Tergantung perawatan pengguna sebelumnya, kalian mungkin akan mendapatkan iPhone bekas dengan harga murah namun memiliki kualitas serta kondisi yang masih cukup bagus.

Namun, ada cukup banyak kekurangan yang besar kemungkinan akan kalian dapatkan dari iPhone Secondhand Unit. Contohnya seperti komponen iPhone yang sudah tidak asli lagi (pernah diservis alias rekondisi), kesehatan baterai sudah menurun jauh, banyak lecet, dan aksesoris yang tidak lagi lengkap atau asli bawaannya.

Tips Membeli iPhone Secondhand Unit


Ada beberapa tips yang dapat kalian jadi acuan sebelum membeli iPhone Secondhand Unit. Tips ini bertujuan agar kalian mendapatkan iPhone bekas namun tetap berkualitas terutama untuk penggunaan jangka panjang.

  • Pastikan iPhone bukan bekas diservis alias produk rekondisi/refurbished (mungkin bisa jadi pengecualian apabila hanya sekedar diganti baterai)
  • Pastikan seluruh fungsi pada iPhone berjalan dengan normal, mulai dari kamera depan/belakang, speaker, fitur pada layar seperti true tone, fitur keamanan seperti face id atau touch id, dan lain sebagainya.
  • Pastikan kesehatan baterai iPhone tidak kurang dari 90% (lebih tinggi lebih baik untuk penggunaan jangka panjang, maksimal 100 ya.)
  • Pastikan iCloud atau akun pada iPhone sudah kosong alias direset total
  • Pastikan iPhone bukan hasil "Bypass"
  • Pastikan iPhone tidak terikat kontrak dengan operator seluler tertentu alias "iPhone Bundling"
  • Pastikan iPhone bisa menggunakan jaringan seluler dengan baik (jika iPhone ex inter, pastikan sudah bayar pajak juga)
  • Cek sisa garansi iPhone atau minta garansi dari Penjual
  • Cek reputasi atau review Penjual
  • Cek kelengkapan aksesoris seperti charger dan kabelnya

Mungkin akan sangat sulit mendapatkan iPhone sesuai dengan seluruh tips atau kriteria di atas. Namun setidaknya, pastikan terlebih dahulu jika iPhone berfungsi secara normal, sedangkan sisanya anggaplah sebagai bonus.

Penutup...

Bagaimana, sudah tau kan arti dan maksud dari apa itu iPhone Secondhand?

Apabila kalian masih bingung, mau bertanya, atau mungkin mau berbagi informasi? langsung saja tingglkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!