Cara Mengaktifkan Live Text di iOS 15 dan iOS 16

Pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara mengaktifkan Live Text di iOS 15 dan di iOS 16.

Namun, berbeda dengan iOS 15, di iOS 16 pengguna dapat mengaktifkan fitur Live Text atau Teks Langsung untuk mendeteksi teks/tulisan pada sebuah Video.

Meski begitu di sisi lain beberapa pengguna di iOS 15 dan di iOS 16 secara default akan menemukan bahwa fitur Live Text dalam keadaan tidak aktif. Nah, untuk mengaktifkannya langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Mengaktifkan Live Text di iOS 15 dan iOS 16


1. Buka aplikasi "Pengaturan" iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Umum > Bahasa & Wilayah.

3. Jika sudah silakan aktifkan menu "Teks Langsung" atau "Live Text"

4. Lalu pilih lagi "Nyalakan"


Jika sudah, sekarang fitur Live Text atau Teks Langsung di iPhone kalian sudah dalam keadaan aktif.

Cara Menggunakan Live Text di iOS 15 dan iOS 16

Untuk menggunakan fitur Live Text, kalian hanya perlu tap dan tahan pada teks/tulisan yang terdapat pada foto maupun video, kemudian akan muncul pilihan apakah kalian ingin menyalin, menerjemahkan, atau mencari (Cari Tahu) teks/tulisan tersebut di internet.


Cara ini juga bisa kalian terapkan secara langsung melalui kamera iPhone, tepatnya akan muncul icon berikut di ujung kanan bawah layar:


Ingat, khusus Live Text untuk Video hanya tersedia bagi pengguna iOS 16 dan lebih baru. Cara menggunakannya silakan jeda atau pause bagian video yang menampilkan teks/tulisan yang akan disalin, lalu tap dan tahan teks/tulisan tersebut.

Apabila cara-cara di atas tidak atau belum berhasil mendeteksi teks/tulisan, ada kemungkinan fitur Live Text belum sepenuhnya aktif. Untuk mengatasinya silakan coba restart iPhone kalian lalu lihat kembali hasilnya.

Penutup...

Bagaimana, mudah bukan?

Fitur Live Text dalam penggunaan sehari-hari dapat kalian manfaatkan untuk menerjemahkan tulisan pada foto yang tidak diketahui artinya, hingga menyalin nomor telepon yang akan dihubungi tanpa mengetiknya secara manual.

Baik, itu saja informasi cara mengaktifkan Live Text atau Teks Langsung di iOS 15 dan iOS 16 yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.