Cara Mengembalikan Chat iMessage atau SMS yang Terhapus di iPhone

Pada postingan kali ini Admin akan memberikan tutorial cara mengembalikan chat iMessage atau pesan SMS yang terhapus di iPhone.


Melalui iOS 16 akhirnya aplikasi "Pesan" di iPhone memiliki menu "Baru Dihapus", yakni menu yang digunakan untuk menyimpan beragam chat iMessage atau pesan SMS yang sudah dihapus selama 30 hari. Sehingga apabila kalian berubah pikiran, kalian dapat mengembalikannya lagi dalam rentang waktu tersebut.

Bagaimana jika chat iMessage atau pesan SMS sudah lama terhapus? jika sudah lewat dari 30 hari kalian tidak bisa lagi mengembalikannya.

Baik, kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk mengembalikan chat iMessage atau pesan SMS yang terhapus di iPhone.

Cara Mengembalikan Chat iMessage atau Pesan SMS yang Terhapus di iPhone

Perlu diperhatikan bahwa cara ini hanya berlaku apabila iPhone kalian telah menggunakan atau update ke iOS 16 atau lebih baru. Dalam arti, iMessage atau pesan SMS yang terhapus tersebut dihapus saat iPhone telah menggunakan setidaknya iOS 16.

Pesan yang bisa dikembalikan hanyalah pesan yang sudah dihapus tidak lebih dari 30 hari.

1. Buka aplikasi "Pesan" iPhone

2. Kemudian tap menu "Edit" di pojok kiri atas layar


3. Jika sudah pilih menu "Tampikan Baru Dihapus"


4. Terakhir, pilih Pesan yang akan dikembalikan lalu tap "Pulihkan"


Jika sudah maka chat iMessage atau pesan SMS yang kalian inginkan akan kembali lagi.

Bagaimana mudah, bukan?

Namun sekali lagi ingat ya bahwa cara-cara di atas hanya berlaku bagi pengguna iPhone dengan setidaknya iOS 16 atau lebih baru. Sebab fitur tersebut baru pertama kali diperkenalkan oleh Apple melalui iOS 16.

Penutup...

Chat iMessage atau pesan SMS yang kalian hapus akan bertahan setidaknya selama 30 hari sebelum benar-benar dihapus secara permanen. Sebelum jangka waktu tersebut, kalian dapat mengembalikannya dengan sangat mudah.

Namun, apabila chat iMessage atau pesan SMS ternyata sudah terhapus lebih dari 30 hari, maka tidak ada cara untuk mengembalikannya lagi selain dengan memeriksa apakah sebelumnya chat iMessage atau pesan SMS pada iPhone pernah dibackup ke iCloud, iTunes, dsb., atau tidak.

Jika tidak dibackup sebelumnya, maka sayang sekali chat iMessage atau pesan SMS berarti telah terhapus secara permanen dan sudah mustahil untuk dikembalikan.