Cara Menggunakan Live Text Video di iPhone dan iPad

Tidak hanya melalui foto atau gambar saja, melalui iOS 16 maupun iPadOS 16 pengguna iPhone dan iPad kini dapat memanfaatkan fitur "Live Text" atau "Teks Langsung" untuk mendeteksi teks/tulisan pada sebuah Video.


Namun, mungkin masih banyak pengguna yang bingung cara menggunakan fitur Live Text di video. Jika begitu, langsung saja simak tutorialnya berikut ini.

Cara Menggunakan Live Text Video di iPhone dan iPad

Pertama-tama perlu kalian ketahui bahwa fitur Live Text hanya tersedia bagi pengguna iPhone XR, XS, serta jajaran iPhone 11, 12, 13, SE 2, dan lebih baru lainnya. Serta menggunakan sistem operasi setidaknya iOS 16 dan lebih baru.

1. Pastikan fitur "Live Text" atau "Teks Langsung" sudah diaktifkan. Caranya:

  • Buka aplikasi "Pengaturan"
  • Lalu masuk ke menu Umum > Bahasa & Wilayah
  • Selanjutnya aktifkan menu "Live Text" atau "Teks Langsung"


2. Setelah itu, buka video yang diinginkan

3. Selanjutnya silakan jeda/pause pada bagian video yang menampilkan teks/tulisan yang ingin dipilih nantinya


4. Jika sudah tap dan tahan teks/tulisan pada video dan lihat hasilnya


Cara-cara di atas tidak hanya berlaku untuk video yang ada di galeri foto iPhone saja, melainkan termasuk juga video dari beragam sumber lainnya. Misalnya video yang diputar melalui aplikasi Browser atau aplikasi sosial media.

Meski begitu, memang tidak dipungkiri bahwa belum atau tidak semua aplikasi mendukung fitur Live Text Video.

Penutup...

Nah, bagaimana, mudah bukan?

Dengan kehadiran fitur Live Text Video ini nantinya kalian tidak perlu lagi repot-repot mengetik teks/tulisan yang tampil pada video secara manual. Terutama bagi yang seringkali menyalin informasi yang ditampilkan pada sebuah video.

Baik, itu saja informasi seputar cara menggunakan live text video di iPhone dan iPad yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.