Cara Hapus Profil Beta iOS dan iPadOS

Pada postingan kali ini saya akan membagikan cara mudah untuk menghapus profile beta iOS untuk pengguna iPhone dan iPod touch, serta profil beta iPadOS bagi pengguna iPad.


Sebagai informasi saja, Profil Beta iOS adalah konfigurasi yang digunakan untuk menginstall iOS versi beta atau percobaan. Apabila kalian tidak ingin menggunakan iOS versi beta lagi, kalian perlu menghapus Profile Beta iOS tersebut.

Baik, bagi yang penasaran langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Hapus Profil Beta iOS

1. Buka aplikasi "Pengaturan" iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Umum > Manajemen VPN & Perangkat.


3. Jika sudah, termukan dan pilih profile beta iOS/iPadOS yang ingin dihapus.

4. Terakhir, silakan pilih menu "Hapus Profil" dan ikuti prosesnya hingga selesai.


Apakah iPhone Secara Otomatis Downgrade ke iOS Sebelumnya Setelah Profil Beta iOS Dihapus?

Ya dan Tidak.

Ya, apabila kalian menghapus profile beta iOS ketika iOS versi publiknya telah dirilis. Jika begitu, setelah menghapus profil, kalian bisa langsung menuju ke menu update iOS dan mendapatkan update iOS versi publik tersebut.

Tidak, apabila kalian menghapus profile beta iOS sementara iOS versi publiknya belum dirilis. Setelah profil dihapus, kalian perlu menunggu hingga versi publiknya dirilis dan menginstallnya melalui menu update iOS.

Cara Keluar dari iOS Beta Tanpa Menunggu

Apabila kalian ingin keluar dari iOS versi beta sementara iOS versi publiknya belum dirilis. Kalian bisa melakukan downgrade langsung tanpa harus menunggu.

Namun, cara ini akan me-restore secara total data-data pada iPhone kalian.

Bagaimana caranya? langsung saja ikuti tutorial yang ada pada postingan berikut (kalian bisa menyesuaikannya dengan versi iOS yang ingin diinstall): Cara Downgrade iOS 16 ke iOS 15 dengan iTunes

Penutup...

Menghapus profil beta iOS secara otomatis akan menghilangkan konfigurasi dari profil tersebut. Salah satunya untuk menghentikan program iOS beta sehingga kalian bisa kembali ke iOS versi publik tergantung apakah iOS versi publik tersebut sudah tersedia atau belum.

Cara-cara di atas juga dapat kalian terapkan untuk menghapus beragam profil lainnya, seperti profile pada aplikasi yang diinstall melalui konfigurasi atau sideload (di luar App Store).