Apa Arti dan Maksud Tidak Dapat Memverifikasi AirPods?

Saat menghubungkan AirPods tidak sedikit pengguna iPhone yang mendapati pesan "Tidak Dapat Memverifikasi AirPods. Headphone ini tidak dapat diverifikasi sebagai AirPods Apple Asli. Apakah anda tetap ingin menghubungkan?".

Dalam Bahasa Inggris-nya "Cannot Verify Airpods. These headphones could not be verified as genuine Apple AirPods. Would you like to connect anyway?".

Lalu, apa arti dan maksud dari pesan tersebut dan bagaimana solusi mengatasinya?

Apa Arti dan Maksud Tidak Dapat Memverifikasi AirPods?


Pesan "Tidak Dapat Memverifikasi AirPods" yang muncul menandakan bahwa iPhone mendeteksi jika AirPods tersebut palsu dan tidak berasal atau dibuat oleh Apple.

Hal ini sudah cukup jelas diterangkan pada pesan selanjutnya yakni "Headphone ini tidak dapat diverifikasi sebagai AirPods Apple Asli. Apakah anda tetap ingin menghubungkan?".

Karena terdeteksi AirPods palsu maka iPhone mengkonfirmasinya lagi apakah kalian ingin tetap menghubungkan AirPods palsu tersebut atau tidak.

Sebab, fitur yang ada di AirPods palsu kemungkinan besar tidak akan tersedia dan bekerja di iPhone.

Di sisi lain pesan ini juga mengingatkan bahwa kualitas serta fitur dari AirPods palsu tersebut tidak sama dengan AirPods yang asli.

AirPods Palsu Bisa Dideteksi di iOS 16 dan Lebih Baru


Semakin menjamurnya AirPods palsu membuat Apple akhirnya merilis fitur yang dapat mendeteksi AirPods palsu atau tiruan melalui iOS 16 dan lebih baru.

Kehadiran AirPods palsu secara langsung tentu akan merugikan Apple karena banyak pengguna yang mengira kualitas AirPods yang terdengar biasa saja atau bahkan buruk. Padahal, AirPods tersebut merupakan barang palsu atau tiruan.

Bukan hanya Apple saja, hal ini juga sebagai pesan ke pengguna yang mungkin telah dirugikan karena salah membeli AirPods yang ternyata palsu.

Cek Melalui Pengaturan

Pesan AirPods yang terdeteksi tidak asli bisa kalian cek melalui aplikasi Pengaturan.

Berikut cara-caranya:

1. Buka aplikasi "Pengaturan" iPhone.

2. Kemudian masuk ke menu "Bluetooth".

3. Lalu, tap icon (i) di samping nama AirPods yang terdeteksi palsu.


4. Jika sudah, maka kalian akan menemukan menu "Pesan Penting" di bagian atas layar.


Pesan tersebut menunjukkan bahwa AirPods terdeteksi merupakan AirPods palsu dan bukan AirPods asli.

Bagaimana Solusinya?

Saat ini tidak ada solusi untuk menghilangkan pesan AirPods palsu tersebut selain membeli AirPods yang asli dan resmi dari Apple.

Namun, meski begitu AirPods palsu tersebut tetap bisa digunakan dan terhubung di iPhone ya. Walau jangan berharap lebih soal kualitas serta fiturnya.

Penutup...

Berhati-hatilah, sebab saat ini cukup banyak AirPods tiruan yang dibuat seolah-olah merupakan barang asli. Salah satu yang paling menonjol biasanya datang dari harga yang lebih murah atau bahkan terlampau jauh lebih murah.

Sebelum membeli AirPods pastikan kembali kondisi barang yang akan dibeli dan mintalah jaminan. Jika ragu, pastikan untuk membeli di toko yang sudah terpercaya atau toko resmi/authorized Apple.