Apa itu Data Sistem di iPhone dan iPad? Apakah Bisa Dihapus?

Cukup banyak pengguna yang menemukan menu "Data Sistem" atau "System Data" pada menu Penyimpanan iPhone atau Penyimpanan iPad.

Menu tersebut tidak jarang menggunakan cukup banyak ruang penyimpanan dan tidak sedikit juga yang berpikir untuk menghapusnya.

Nah, bagi yang belum tahu apa itu Data Sistem atau System Data di iPhone dan iPad, serta apakah menu Data Sistem atau System Data tersebut bisa dihapus atau tidak, langsung saja simak informasinya berikut ini.

Apa itu Data Sistem di iPhone dan iPad?


Data Sistem atau System Data di Penyimpanan iPhone dan iPad adalah sekumpulan data yang dipakai oleh sistem iPhone untuk menjalankan fungsinya secara optimal.

Dalam data tersebut terdapat data "Cache" yang merupakan data sementara untuk mempercepat proses saat mengakses beragam file.

Di sisi lain ada juga "Log" yang berisikan catatan aktivitas sistem atau aplikasi yang di iPhone atau iPad kalian.

Serta beragam data lainnya yang berasal dari layanan iCloud yang ada di iPhone atau iPad.

Ukuran Data Sistem tersebut bisa membesar bisa juga mengecil tergantung kebutuhan sistem iPhone.

Meski begitu, biasanya kalian akan melihat ukuran Data Sistem atau System Data tersebut membesar sementara setiap kali kalian menghapus file berukuran besar seperti video, dan secara otomatis akan mengecil dengan sendirinya.

Apakah Data Sistem di iPhone dan iPad Bisa Dihapus?


Data Sistem atau System Data di iPhone dan iPad tidak bisa dihapus karena merupakan data-data yang digunakan oleh sistem iPhone dan iPad agar dapat berjalan secara optimal.

Kalian tidak perlu khawatir sebab ukuran Data Sistem atau System Data akan membesar atau mengecil dengan sendirinya tergantung kebutuhan.

Bagaimana Cara Mengurangi Ukuran Data Sistem atau System Data?


Untuk mengurangi ukuran Data Sistem atau System Data, kalian bisa mencoba:

  • Restart iPhone.
  • Hapus riwayat serta data situs di pengaturan Safari.
  • Hapus pesan, log panggilan, serta notifikasi yang menumpuk.
  • Update ke iOS versi terbaru.
  • Mengosongkan sampah foto dan video, memo suara, catatan, serta aplikasi file.
  • Reset pengaturan iPhone.

Selengkapnya bisa dicek di sini: Cara Membersihkan Data Sistem di iPhone dan iPad

Apa Penyebab Ukuran Data Sistem atau System yang Terlalu Besar?


Tidak sedikit pengguna yang mungkin menemukan jika Data Sistem atau System Data menggunakan ruang penyimpanan yang sangat banyak, misalnya di atas 20 GB hingga 30 GB.

Umumnya ada beberapa hal yang biasanya menyebabkan masalah tersebut.

  • Baru saja menghapus file seperti foto atau video sekaligus dalam ukuran yang besar (akan kecil sendiri seiring waktu).
  • Menggunakan iPhone untuk memindahkan data dengan aplikasi pihak ketiga seperti 3uTools.
  • Bug pada iOS.
  • iPhone atau iPad yang sudah di-jailbreak mengalami masalah.

Untuk mengatasinya, kalian bisa mencoba update ke iOS versi terbaru, reset pengaturan iPhone atau iPad, dan yang terakhir mengembalikan iPhone ke pengaturan pabrik (menghapus seluruh data).

Penutup...

Sebenarnya jika Data Sistem atau System Data hanya menggunakan penyimpanan di bawah 5 GB, maka tidak ada yang perlu kalian khawatirkan. Sebab ukuran tersebut akan berubah biasanya menjadi lebih kecil seiring waktu atau kebutuhan sistem.

Di sisi lain, umumnya ukuran Data Sistem atau System Data yang membengkak akibat baru menghapus foto dan video berukuran besar. Lagi-lagi, kalian tidak perlu khawatir sebab ukurannya akan mengecil dengan sendirinya seiring waktu.

Namun, apabila ukuran Data Sistem atau System Data terus membesar bahkan hingga mencapai puluhan giga tanpa alasan yang jelas. Pertimbangkan untuk me-reset total seluruh data iPhone ke pengaturan pabrik melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Hapus Konten & Pengaturan.