Berapa Watt Fast Charging iPhone 14, 14 Plus, 14 Pro, 14 Pro Max?

Bagi yang ingin membeli charger baru atau sekedar ingin menggunakan Fast Charging untuk iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, atau iPhone 14 Pro Max kalian, pada postingan kali ini Admin akan membagikan informasi daya charger yang kalian butuhkan.


Seperti yang kita ketahui bahwa seluruh jajaran iPhone 14 memang tidak dibekali dengan adaptor charger. Yang kalian dapatkan hanya kabel USB-C to Lightning saja. 

Sehingga jika sebelumnya kalian belum mempunyai adaptor charger dengan konektor USB-C, kalian mau tidak mau harus membelinya lagi agar sesuai atau menggunakan charger iPhone yang lama jika ada.

Charger iPhone yang lama yang masih menggunakan konektor USB hanya mampu memberikan daya sebesar 5 Watt yang tergolong sangat lambat. Bahkan untuk mengisi daya penuh iPhone dari 0% dibutuhkan waktu sekitar 4 jam.

Solusinya? silakan gunakan Fast Charging!

Berapa Watt Fast Charging iPhone 14, 14 Plus, 14 Pro, 14 Pro Max?

Untuk menggunakan fitur Fast Charging di iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max, yang kalian butuhkan adalah adaptor charger dengan rating daya setidaknya 20 W.


Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kalian bisa menggunakan adaptor Apple dengan daya yang lebih besar, yakni seperti 29 W dan 30 W bahkan hingga 61 W, 87 W, dan 96 W.

Seluruh jajaran iPhone 14 dapat mengisi daya maksimal sekitar 26 W hingga 29 W.

Apabila kalian menggunakan adaptor dengan daya yang lebih besar misalnya 61 W, iPhone akan mengatur atau menyesuaikannya ke titik yang didukung oleh iPhone tersebut.

Jadi, bagi yang punya MacBook, sebenarnya kalian bisa menggunakan charger MacBook untuk mengisi daya iPhone loh.

Bagi yang ingin membeli adaptor charger pihak ketiga di luar adaptor charger yang ditawarkan oleh Apple, disarankan spesifikasinya memenuhi kriteria berikut:

  • Frekuensi: 50 hingga 60 Hz, fase tunggal
  • Voltase Saluran: 100 hingga 240 VAC
  • Voltase/Arus Output: 9 VDC/2,2A
  • Output Daya Minimum: 20W
  • Port Output: USB-C

Selain itu pastikan juga untuk memilih charger yang berkualitas serta sudah MFi atau Made for iPhone.


Adaptor Harus Konektor USB-C


Ingat, iPhone hanya bisa mengisi daya cepat dengan kabel USB-C to Lightning. Jadi, pastikan konektor adaptor yang kalian beli memiliki konektor USB-C ya!

Mudahnya, silakan disesuaikan saja dengan kabel USB-C to Lightning yang kalian dapatkan saat membeli iPhone tersebut.

Berapa Lama Waktu Charge iPhone 14 dengan Fast Charging?


Dengan Fast Charging iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max dapat mengisi daya sekitar 50% dalam waktu 30 menit saja!

Tetapi ingat, pengisian daya akan perlahan-lahan melambat setelah menyentuh angka 60% atau lebih.

Hal ini terjadi untuk mengurangi dampak kerusakan pada komponen baterai akibat fast charging yang akan menghasilkan daya besar serta panas berlebih.

Penutup...

Saat ini menggunakan Fast Charging adalah salah satu pilihan yang tepat mengingat charger standar 5 Watt bawaan iPhone lama, dapat memakan waktu hingga 4 jam untuk mengisi daya hingga penuh.

Padahal dengan Fast Charging waktu tersebut bisa dipangkas hanya sekitar setengahnya saja.

Salah satu kekurangan Fast Charging datang dari panas berlebih yang dihasilkan sehingga dalam jangka panjang akan berdampak pada kesehatan baterai.

Meski begitu, kalian tidak perlu khawatir ya, sebab dampak tersebut umumnya tidak akan terlalu terasa perbedaannya.

Intinya, pakai saja. :)