Lama Waktu Charge iPhone 14, 14 Plus, 14 Pro, dan 14 Pro Max

iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max adalah salah satu iPhone serta smartphone dengan daya tahan terbaik yang pernah ada.

Namun, berapa lama harga yang harus dibayar untuk mengisi daya atau charge iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, serta iPhone 14 Pro Max hingga baterainya penuh?

Nah, bagi yang penasaran, langsung saja simak informasinya berikut ini.

Berapa Lama Waktu Charge iPhone 14, 14 Plus, 14 Pro, dan 14 Pro Max?


Waktu Charge iPhone 14 Pro Max:

  • iPhone 14 Pro Max memiliki kapasitas baterai yang cukup besar yakni sebesar 4.323 mAh. Dengan menggunakan Fast Charging 20 W, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 52 menit untuk mengisi baterai dari 0% hingga penuh 100%.

Waktu Charge iPhone 14 Pro:

  • iPhone 14 Pro memiliki kapasitas baterai sebesar 3.200 mAh. Dengan menggunakan Fast Charging 20 W, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 41 menit untuk mengisi baterai dari 0% hingga penuh 100%.

Waktu Charge iPhone 14 Plus:

  • iPhone 14 Plus memiliki kapasitas baterai terbesar sebesar 4.325 mAh. Dengan menggunakan Fast Charging 20 W, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 52 menit untuk mengisi baterai dari 0% hingga penuh 100%.

Waktu Charge iPhone 14:

  • iPhone 14 memiliki kapasitas baterai sebesar 3.279 mAh. Dengan menggunakan Fast Charging 20 W, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 31 menit untuk mengisi baterai dari 0% hingga penuh 100%.

[sumber referensi: gsmarena.com]

Data di atas menggunakan Fast Charging dengan daya 20 W dengan lama waktu charge yang cukup cepat.

Kalian bahkan bisa mendapatkan kecepatan charge yang jauh lebih cepat dari itu dengan menggunakan adaptor sebesar 30 Watt.

Sebab diketahui iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max memiliki besaran daya fast charging maksimal hingga sekitar 27 W bahkan menyentuh hingga 29 W.

Sebagai perbandingan, dengan menggunakan charger standar sebesar 5 W dibutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk mengisi daya iPhone hingga penuh.

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Charge iPhone


Apple sendiri mengklaim jika iPhone dapat mengisi daya sebesar 50% dalam waktu sekitar 30 menit saja.

Meskipun begitu waktu charge yang dibutuhkan mungkin saja dapat berbeda satu dengan yang lainnya. Sebab, terdapat beberapa faktor tidak yang seringkali tidak disadari yang mempengaruhi waktu charge iPhone.

Apa sajakah itu?

  • Ukuran daya charger yang digunakan.
  • Suhu iPhone saat dicharge.
  • Aktivitas iPhone saat dicharge.
  • Kesehatan Baterai iPhone (semakin tinggi = normal, semakin rendah = semakin cepat)
  • Kualitas charger.

Di sisi lain perlu kalian ketahui juga jika saat mengisi daya iPhone dengan Fast Charging, pengisian akan melambat saat baterai menyentuh di sekitar angka 70% hingga 80%.

Hal ini sangat normal untuk melindungi komponen baterai iPhone dari kerusakan. Semakin tinggi daya terisi semakin tinggi juga risiko baterai mengalami kerusakan akibat daya serta suhu panas yang dihasilkan oleh Fast Charging.

Tips Mempercepat Waktu Charge iPhone 14, 14 Plus, 14 Pro, dan 14 Pro Max


Kalian bisa mengikuti tips berikut untuk mempercepat waktu charge iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

  • Gunakan Charger yang asli atau berkualitas.
  • Gunakan Fast Charging dengan daya setidaknya 20 W.
  • Hindari memainkan iPhone selama dicharge.
  • Lepas case iPhone selama proses charge berlangsung untuk mengurangi panas berlebih.
  • Aktifkan Mode Daya Rendah untuk membatasi aktivitas latar belakang iPhone selama dicharge.

Ingat, panas merupakan salah satu faktor cukup signifikan yang membuat Fast Charging melambat. Jadi, pastikan selama dicharge iPhone tetap dalam suhu normal hingga hangat ya.

Penutup...

Bagaimana, sudah tau berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk charge atau nge-cas iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max?

Jawabannya tidak lama-lama banget kalau pakai Fast Charging ya, kira-kira cuma berkisar 2 jam-an saja. Tetapi kalau pakai charger standar 5 W, siap-siap menunggu hingga sekitar 4 jam.