Cara Mengatasi iPhone Mati Total Tidak Bisa Dicharge

Cukup banyak pengguna yang melaporkan jika iPhone mereka tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicharge/dicas. Singkatnya, tidak mau menyala lagi meski sudah dicharge.


Sebenarnya terdapat cukup banyak hal yang menyebabkan masalah tersebut terjadi, mulai dari yang sangat mudah diperbaiki hingga yang sangat sulit diperbaiki.

Untuk yang mudah diperbaiki yakni disebabkan oleh bug atau kesalahan sistem iPhone yang bisa kalian perbaiki sendiri dengan sangat mudah. Sedangkan untuk yang sulit diperbaiki berasal dari salah satu komponen dalam iPhone yang bermasalah.

Nah, agar tidak menebak-nebak kerusakan, kalian bisa mencoba memperbaiki iPhone yang mati total tidak bisa dicas tersebut melalui cara-cara di bawah berikut.

Cara Mengatasi iPhone Mati Total Tidak Bisa Dicharge

Cara-cara mengatasi iPhone yang mati total tidak bisa dicharge ini bisa kalian terapkan di hampir seluruh iPhone, mulai dari iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE 2, iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max, iPhone SE 3, iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, iPhone 14 Pro Max, dan lain sebagainya.

1. Force Restart atau Restart Paksa


iPhone yang tiba-tiba mati total dan tidak mau merespon apapun, tidak jarang hanya disebakan oleh kesalahan atau bug pada sistem yang membuatnya seolah-olah mati total.

Kalian bisa mengatasinya dengan sangat mudah melalui cara-cara berikut ini.

Khusus iPhone 8, X, XR, XS, 11, 12, 13, 14, dan SE 2/3:

  • Tekan tombol "Volume Atas" lalu lepas.
  • Tekan tombol "Volume Bawah" lalu lepas.
  • Terakhir, tekan dan tahan terus tombol "Power/Lock" hingga iPhone menyala atau restart (menampikan logo Apple).

Apabila gagal, pastikan untuk melakukan langkah-langkah di atas dengan tempo perpindahan tombol yang tidak terlalu cepat tetapi tidak terlalu lambat juga.

Khusus iPhone 7 dan 7 Plus:

  • Tekan dan Tahan terus tombol "Volume Atas" serta tombol "Power/Lock" secara bersamaan hingga iPhone menyala atau restart (menampilkan logo Apple).

Khusus iPhone SE, 6S, 6, 5S, 5C, 5, 4S:

  • Tekan dan Tahan terus tombol "Home" serta tombol "Power/Lock" secara bersamaan hingga iPhone menyala atau restart (menampilkan logo Apple).

Ulangi cara-cara di atas hingga 2 sampai 3 kali bila perlu.

2. Coba Charger yang Baru


Masih tidak bisa juga? silakan coba gunakan charger yang baru terutama yang sudah diuji berfungsi di iPhone yang lain.

Apabila berhasil, kemungkinan besar charger di iPhone kalian lah yang bermasalah sehingga tidak bisa menyalurkan daya untuk iPhone.

3. Coba Charge Selama Beberapa Jam


Sudah coba force restart dan ganti ke charger yang baru namun tetap tidak membuahkan hasil? coba charge iPhone dan diamkan selama beberapa jam kemudian cek lagi hasilnya.

Jika berhasil, ada kemungkinan masalah datang dari baterai yang bermasalah, entah karena lama kosong atau memang telah terjadi kerusakan.

Tetapi apabila tidak membuahkan hasil juga, cek solusi terkhir berikut ini.

Solusi Terakhir...

Selain karena bug atau charger yang bermasalah, penyebab utama iPhone mati total dan tidak bisa dicharge yakni disebabkan oleh kerusakan baterai hingga yang terparah yakni kerusakan pada mesin iPhone.

Apabila masih dalam masa garansi, disarankan untuk menggaransikan iPhone tersebut. Tetapi jika tidak, maka kalian bisa mencoba membawa iPhone tersebut ke layanan perbaikan Apple Authorized atau yang telah terpercaya lainnya.

Baik, itu saja informasi Cara Mengatasi iPhone Mati Total Tidak Bisa Dicharge yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakana atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!