Cara Mengatasi iPhone Restart Sendiri Setelah Jatuh

Apakah setelah terjatuh iPhone kalian sering mengalami restart alias mati kemudian menyala sendiri? jika begitu, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara untuk mengatasinya.

Namun, perlu kalian ketahui bahwa cara yang akan Admin bagikan ini kemungkinan besar tidak akan bekerja apabila telah terjadi kerusakan pada komponen dalam iPhone.

Cara ini hanya bekerja apabila kerusakan datang dari sistem iPhone yang mengalami bug akibat benturan.

Baik, kalau begitu langusng saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Mengatasi iPhone Restart Sendiri Setelah Jatuh


Di sini kita akan mencoba memperbaikinya dengan melakukan Force Restart atau Restart Paksa, yakni cara yang digunakan untuk mengulang sistem iPhone yang mengalami bug secara paksa.

iPhone 8, X, XR, XS, 11, 12, 13, 14, dan lebih baru.

  • Tekan tombol "Volume Atas" lalu segera lepas.
  • Tekan tombol "Volume Bawah" lalu segera lepas.
  • Terakhir, Tekan dan Tahan terus tombol "Power/Lock" hingga iPhone menyala atau menampilkan logo Apple.

Apabila tidak berhasil, coba tunggu sekitar 10 detik, kemudian ulangi kembali dengan tempo perpindahan tombol tidak terlalu cepat namun tidak terlalu lambat juga.

iPhone 7 dan 7 Plus:

  • Tekan dan Tahan terus tombol "Power/Lock" serta tombol "Volume Bawah" atau "Volume Atas" (pilih salah satu) secara bersamaan hingga iPhone menyala atau menampilkan logo Apple.

iPhone SE Gen-1, 6S, 6, 5S, dan lebih lama:

  • Tekan dan Tahan terus tombol "Power/Lock" serta tombol "Home" secara bersamaan hingga iPhone menyala atau menampilkan logo Apple.

Jika berhasil restart dan iPhone kalian tidak mengalami restart kembali maka selamat sebab iPhone hanya mengalami bug pada sistem (beruntung).

Setelahnya, Admin merekomendasikan kalian untuk meng-update sistem operasi iOS pada iPhone ke versi terbaru yang tersedia.

Tidak Berhasil?


Apabila tidak berhasil dan iPhone masih terus-menerus restart tanpa henti, maka solusinya adalah dengan membawa iPhone tersebut ke layanan perbaikan Apple Authorized atau terpercaya lainnya.

Sebab, ada kemungkinan komponen dalam iPhone bermasalah. Entah itu karena korsleting, ada konektor yang kendur/terlepas, hingga terjadi kerusakan total pada salah satu komponen.

Oh ya, jika masih dalam masa garansi, kalian bisa menggaransikannya. Namun ingat, garansi tidak mencakup kerusakan akibat kelalaian pengguna seperti layar iPhone retak/pecah, dll.