Apa Efek atau Akibat iPhone Sering Terjatuh?

Ketika iPhone terjatuh maka respon yang umum terjadi adalah rasa panik apakah iPhone kalian akan baik-baik saja atau malah sebaliknya.

Rasa panik tersebut seketika berkurang atau bahkan hilang apabila iPhone masih berfungsi normal atau tidak ditemukan adanya kerusakan parah seperti bengkok, retak, maupun pecah.

Tetapi, wajar rasanya jika tidak sedikit pengguna yang masih merasa khawatir akan dampak akibat iPhone yang sering terjatuh.

Sebab benturan keras apapun itu tidak menutup kemungkinan akan tetap memberikan efek negatif ke iPhone itu sendiri.

Lalu, apa saja efek atau akbat dari iPhone yang sering jatuh atau terbentur?

Apa Efek atau Akibat iPhone Sering Terjatuh?


1. Kerusakan Komponen Dalam iPhone

Meskipun iPhone terlihat baik-baik saja dari luar namun komponen di dalam iPhone seperti logic board bisa saja mengalami retak atau patah akibat tekanan dari benturan yang sangat keras.

Bahkan komponen yang tadinya sudah mengalami keretakan akan semakin parah atau bahkan berujung patah jika masih sering terjatuh lagi.

2. Konektor Dalam iPhone Kendur

Konektor yang menghubungkan seluruh komponen di dalam iPhone bisa saja mengalami kendur atau terlepas akibat benturan yang sangat keras.

Jika sudah begitu, maka dipastikan akan muncul beragam masalah yang tidak diduga-duga dari komponen yang konektornya kendur tersebut.

Bahkan jika terjadi pada komponen baterai maka hal ini dapat menyebabkan iPhone mati total.

3. Bodi Rangka Bengkok

Jika dilihat sekilas mungkin tidak akan terlihat, tetapi tidak menutup kemungkinan juga jika sebenarnya bodi iPhone telah mengalami bengkok akibat sering terbentur.

Bodi yang bengkok ini bukan tidak mungkin akan menekan komponen di dalam iPhone sehingga tidak bisa berfungsi dengan optimal.

4. Layar Terangkat

Biasanya ketika kalian melihat komponen layar iPhone tidak pecah atau retak, maka kalian menganggapnya tidak ada masalah pada layar tersebut.

Nyatanya, tidak sedikit pengguna yang menemukan jika layar di iPhone mereka terangkat atau menjadi kendur setelah terbentur keras.

Hal ini dapat terjadi akibat penyangga yang menahan layar mengalami patah atau adhesive tape (lem perekat layar ke bodi) mengendur.

5. Anti Air Hilang

iPhone yang sering terjatuh kemungkinan besar akan semakin merenggangkan adhesive tape atau perekat yang menghubungkan antara layar dan bodi iPhone.

Akibatnya iPhone tidak lagi memiliki ketahanan terhadap air. Sebab perekat tersebut merupakan salah satu komponen utama yang bertanggung jawab untuk mencegah air masuk ke dalam iPhone.

6. Korsleting Komponen

Selain akibat patah, retak, atau kendur, komponen dalam iPhone mungkin juga akan mengalami korslenting akibat konektor solder yang terlepas sehingga bersentuhan dengan konektor lain yang ada didekatnya.

Akibatnya, iPhone akan mengalami kerusakan yang tidak diduga-duga.

7. Sistem Error/Hang

Hal ini cukup sering terjadi, di mana sistem iPhone tiba-tiba mengalami error atau hang akibat benturan yang keras.

Meski dapat diatasi dengan mudah dengan Force Restart, namun tetap ada kemungkinan kerusakan komponen yang dapat terjadi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Apalagi jika Force Restart ternyata tidak berhasil memperbaiki error atau hang yang terjadi.

8. Bodi Coak atau Terkupas

Sudah menjadi hal yang cukup umum jika iPhone terbentur keras meninggalkan bekas coak atau kupasan pada bodi iPhone.

Hal ini tentu saja akan menurunkan estetika bodi iPhone.

9. Layar Retak atau Pecah

Ya, layar yang sudah sering terjatuh atau terbentur keras bukan tidak mungkin suatu saat akan menyebabkan layar tersebut retak atau pecah.

Penggantian layar iPhone bukanlah hal yang murah. Menggunakan layar dari pihak ketiga tentu akan menurunkan kualitas iPhone.

10. iPhone Mati Total

Terakhir, jika kalian sedang tidak beruntung, iPhone mungkin pada akhirnya akan mati total akibat benturan keras yang merusak komponen yang ada di dalamnya.

Jika sudah begini, iPhone akan semakin sulit diperbaiki serta biaya yang akan dihabiskan tentu sangat teramat mahal. Apalagi jika diperbaiki melalui layanan resmi Apple.

Ingat! garansi resmi iPhone tidak mencakup kerusakan yang diakibatkan oleh kesalahan pengguna seperti terjatuh, terbentur, kemasukkan air, dll., tak terkecuali kalian menggunakan layanan Apple Care.

Solusi Agar iPhone Tidak Sering Jatuh


iPhone yang sering jatuh tentu sangat tidak baik untuk iPhone itu sendiri. Setiap kali iPhone jatuh sebenarnya kalian sedang mempertaruhkan keberuntungan.

Jika beruntung maka tidak akan ada dampak yang serius, tetapi jika yang terjadi sebaliknya maka iPhone akan mengalami kerusakan yang bahkan terbilang cukup serius.

Nah, untuk mencegah agar hal ini agar tidak terjadi atau setidaknya sebagai pertahanan untuk berjaga-jaga, disarankan untuk:

1. Pakai Case

Case adalah salah satu aksesoris yang berfungsi untuk melindungi iPhone dari beragam benturan keras.

Bahkan, saat ini sudah cukup banyak beredar case dengan iming-iming perlindungan dari benturan (drop protection) akibat terjatuh.

2. Gunakan Tempered Glass

Tidak hanya goresan, namun Tempered Glass atau Pelindung Layar merupakan aksesoris penting yang cukup ampuh untuk melindungi layar iPhone dari kerusakan akibat terjatuh.

Banyak kasus di mana iPhone yang terjatuh hanya mengalami keretakan pada pelindung layarnya saja. Sedangkan layar iPhone tetap aman dan berfungsi dengan normal.

3. Coba Case dengan Strap

Saat ini sudah cukup banyak case iPhone yang dilengkapi strap atau tali yang dimasukkan ke pergelangan tangan pengguna.

Jadi, apabila sewaktu-waktu iPhone tidak sengaja akan terjatuh, maka strap atau tali tersebut akan menahannya.

4. Hindari Memainkan iPhone di Jalan

Memang ada banyak hal yang mendesak sehingga perlu untuk segera direspon.

Meski begitu, memainkan iPhone di jalan selain mengurangi kewaspadaan terhadap sekitar juga dapat meningkatkan risiko iPhone mudah terjatuh entah akibat tersenggol atau tersandung.

5. Tetap Berhati-Hati!

Terakhir, tentu saja kehati-hatian adalah faktor atau kunci utama untuk menghindari iPhone terjatuh.

Jadi, tetap terus diperhatikan cara kalian memegang atau meletakkan iPhone ya!

Penutup...


iPhone yang sering terjatuh memang pada dasarnya akan mengakibatkan kerusakan yang tidak diduga-duga.

Singkatnya dapat menurunkan kualitas dari iPhone itu sendiri.

Jika terjatuh sesekali dan tidak menimbulkan dampak apapun, mungkin bisa dibilang kalian beruntung dan bisa diabaikan.

Tetapi ingat, keberuntungan tersebut bisa saja menghilang di masa yang akan datang. Jadi, selalu berhati-hati adalah kunci utamanya.