Ciri-Ciri Kerusakan IC Charger iPhone (U2 Tristar)

Ketika iPhone atau iPad tiba-tiba tidak bisa dicharge, dalam arti tidak mau mengisi daya, masalah yang telintas pertama kali pasti datang dari chargernya.

Ya, tidak salah memang, sebab dalam hampir seluruh kasus yang terjadi charger memang merupakan penyebab utama iPhone yang tiba-tiba tidak bisa dicharge.

Namun begitu, tidak sedikit kasus di mana charger bukanlah penyebab utama iPhone tidak bisa dicharge. Masalah bisa saja datang dari komponen yang lebih sulit diatasi, contohnya IC Charger (U2 Tristar), Charging Port, hingga komponen Baterai.

Nah, kira-kira apa sih ciri-ciri yang biasanya menandakan kerusakan IC Charger iPhone?

Ciri-Ciri Kerusakan IC Charger iPhone


  • iPhone tetap tidak bisa mengisi daya meskipun sudah mencoba beragam charger lainnya, diganti ke baterai yang baru, hingga diganti ke charging port yang baru.
  • Simbol mengisi daya muncul tapi baterai tidak terisi.
  • Muncul beragam pesan error tidak diketahui ketika iPhone disambungkan ke komputer (iTunes) atau mac (Finder).
  • Hanya bisa dicharge dengan kabel charger tertentu namun baterai akan turun perlahan secara cepat meski sedang tidak digunakan.
  • Baterai hanya terisi sampai angka tertentu (biasanya 1% - 2%) kemudian mati.

Namun, sebelum mengambil kesimpulan jika kerusakan disebabkan oleh IC Charger, ada baiknya pengguna mencoba hal-hal berikut terlebih dahulu:

  • Pastikan sudah mencoba charger baru yang terbukti bekerja di iPhone lainnya.
  • Bersihkan charging port iPhone (debu yang menyumbat seringkali menjadi penyebabnya).
  • Ganti ke baterai yang baru terutama apabila battery health telah menurun drastis atau sebelumnya mengalami masalah seperti baterai boros, drop tiba-tiba, hingga daya yang kadang terisi kadang sulit atau tidak terisi.
  • Ganti ke port charger yang baru.

Jika cara-cara di atas sudah dilakukan namun masalah belum teratasi, maka besar kemungkinan IC Charger iPhone yang menjadi penyebab utamanya.

Solusi Terakhir


Alih-alih kalian mencoba cara mengatasi seperti yang sudah dijelaskan di atas yang mungkin sangat sulit bagi sebagian besar pengguna, alangkah lebih baik untuk membawa iPhone tersebut untuk digaransikan bila masih dalam masa garansi.

Jika tidak, silakan bawa ke service center authorized Apple atau layanan perbaikan terpecaya lainnya.

Umumnya layanan perbaikan profesional iPhone sudah memiliki alat khusus yang mampu mengukur serta mendeteksi apakah kerusakan datang dari IC Charger atau bukan.