Layar iPhone Rusak/Tidak Berfungsi Setelah Jatuh

Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara mengatasi layar iPhone yang rusak, tidak berfungsi, mati, atau hanya tampil hitam setelah terjatuh.


iPhone yang terjatuh dan mengalami kerusakan biasanya diakibatkan oleh kerusakan fisik, entah itu ada yang kendur, pecah, patah, dan lain sebagainya.

Meski begitu, tidak sedikit ditemukan ternyata kerusakan tersebut hanya diakibatkan oleh sistem iPhone yang bermasalah akibat benturan keras yang baru saja terjadi.

Nah, jika beruntung kalian dapat mengatasi masalah tersebut dengan sangat mudah, terutama apabila tidak ada kerusakan fisik seperti patah atau pecah yang terjadi.

Baik, kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Mengatasi Layar iPhone Rusak/Tidak Berfungsi Setelah Jatuh

Khusus Pengguna iPhone 8, X, XR, XS, 11, SE 2, 12, 13, SE 3, 14, dan lebih baru lainnya:

  • Tekan tombol "Volume Atas" lalu segera lepas.
  • Tekan tombol "Volume Bawah" lalu segera lepas.
  • Tekan dan Tahan terus tombol "Lock/Power" hingga iPhone menampilkan logo Apple (restart).

Apabila tidak berhasil restart, tunggu beberapa detik, lalu ulangi dengan tempo perpindahan tombol yang tidak terlalu cepat, namun tidak terlalu lambat juga.

Khusus Pengguna iPhone 7 dan 7 Plus:

  • Tekan dan Tahan terus tombol "Volume Bawah" dan "Lock/Power" secara bersamaan hingga iPhone menampilkan logo Apple (restart).

Khusus Pengguna iPhone SE, 6S, 6, 5S dan lebih lama lainnya:

  • Tekan dan Tahan terus tombol "Home" dan "Lock/Power" secara bersamaan hingga iPhone menampilkan logo Apple (restart).

Apabila beruntung, setelah restart layar iPhone kalian akan berfungsi kembali. Jika itu yang terjadi, maka selamat sebab masalah di layar iPhone kalian hanya disebabkan oleh bug pada sistem.

Solusi Terakhir...


Apabila setelah mencoba cara-cara di atas layar iPhone kalian tetap tidak bisa disentuh, terutama disertai kerusakan fisik seperti pecah, retak, terangkat, atau bergaris, maka solusi yang paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan membawa iPhone tersebut ke layanan perbaikan Apple Authorized atau yang sudah terpercaya lainnya.

Sebab ada kemungkinan komponen layar mengalami kerusakan total (terutama apabila retak/pecah) atau ada yang kendur (contohnya seperti kabel ribbon dari layar ke mainboard).

Penutup...

Apabila cara-cara di atas berhasil mengatasi layar iPhone kalian yang rusak/tidak berfungsi setelah jatuh, maka selamat!

Untuk ke depannya pastikan untuk lebih berhati-hati atau kalian bisa menggunakan case yang biasanya dilabeli "military grade drop" untuk berjaga-jaga saja.

Sedangkan bagi yang tidak berhasil menggunakan cara-cara di atas, maka solusi terakhir di atas adalah cara yang paling tepat yang bisa kalian lakukan.

Baik, itu saja informasi cara mengatasi layar iPhone rusak/tidak berfungsi setealh jatuh yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan, atau mungkin tambahkan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya. Terima Kasih!