Layar iPhone Tiba-Tiba Gelap dan Terang Sendiri

Pernahkah layar di iPhone kalian tiba-tiba gelap atau terang dengan sendirinya? jika ya, apakah hal tersebut normal? jika tidak, apa penyebabnya dan bagaimana cara untuk mengatasinya?

Berikut informasi selengkapnya.

Penyebab Layar iPhone Tiba-Tiba Gelap dan Terang Sendiri


Layar iPhone yang tiba-tiba gelap atau terang dengan sendirinya adalah hal yang sangat normal. Hal ini disebabkan oleh fitur "Kecerahan Otomatis" yang akan mengatur kecerahan layar iPhone mengikuti kondisi pencahayaan di sekitarnya melalui sebuah sensor.

Apabila kondisi pencahayaan di sekitar gelap, maka iPhone akan otomatis mengurangi kecerahan layarnya. Begitu juga sebaliknya, apabila kondisi pencahayaan sekitar terang, maka iPhone akan secara otomatis mengatur layarnya menjadi lebih terang agar mudah terlihat.

Di sisi lain salah satu kelebihan dari fitur "Kecerahan Otomatis" adalah untuk menghemat penggunaan baterai iPhone.

Menggunakan kecerahan layar yang terlalu terang dalam jangka waktu lama akan berdampak pada konsumsi daya baterai yang meningkat drastis.

Cara Agar Layar iPhone Tidak Gelap-Terang Otomatis

Bagi kalian yang tidak ingin agar layar iPhone tiba-tiba gelap atau terang dengan sendirinya, kalian bisa menonaktifkan fitur "Kecerahan Otomatis".

Berikut cara-caranya:

  1. Buka aplikasi "Pengaturan" bawaan iPhone.
  2. Kemudian masuk ke menu Akesibilitas > Layar & Ukuran Teks.
  3. Jika sudah, silakan matikan menu/fitur "Kecerahan Otomatis".


Jika sudah, sekarang kecerahan layar di iPhone kalian tidak akan gelap atau terang secara otomatis lagi sehingga kalian bisa mengatur kecerahan layar secara manual tanpa khawatir akan berubah sendiri.

Penutup...

Bagi sebagian besar pengguna mungkin fitur "Kecerahan Otomatis" ini sangatlah mengganggu terutama ketika layar menjadi lebih gelap karena mengikuti pencahayaan sekitar. Konten yang ditampilkan layar menjadi lebih gelap sehingga lebih sulit dilihat.

Beruntung fitur tersebut dapat dinonaktifkan dengan sangat mudah sehingga kalian bisa menggunakan kecerahan layar sesuai dengan kenyamanan.

Namun ingat ya! untuk menghemat penggunaan baterai disarankan untuk tidak menggunakan kecerahan terlalu tinggi dalam jangka waktu lama. Selain itu kecerahan layar yang terlalu tinggi juga akan membuat mata cepat lelah.