Cara Mengatasi Battery Health iPhone 14 Cepat Turun

Battery Health atau Kesehatan Baterai yang menurun adalah hal yang sangat wajar. Meski begitu tidak sedikit pengguna iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max yang melaporkan jika Battery Health atau Kesehatan Baterai di iPhone mereka, cepat menurun.

Jika dibiarkan, penurunan yang sudah mencapai titik yang cukup rendah, dapat mengakibatkan iPhone menjadi boros baterai serta beragam masalah seputar baterai lainnya.

Untuk itu pada postingan kali ini Admin akan membagikan informasi seputar penyebab serta cara mengatasinya.

Apa Penyebab Battery Health iPhone Cepat Turun?


Salah satu penyebab Battery Health atau Kesehatan Baterai iPhone cepat menurun adalah jumlah siklus pengisian daya yang sudah cukup banyak. Singkatnya, iPhone sudah cukup sering dicharge.

Di sisi lain, panas juga merupakan salah satu musuh utama Battery Health. Semakin sering iPhone terlebih baterainya mengalami panas, maka semakin cepat juga Battery Health-nya menurun.

Lalu, bagaimana cara mencegah agar Battery Health atau Kesehatan Baterai, khususnya di seluruh jajaran iPhone 14 agar tidak cepat turun?

Cara Mengatasi Battery Health iPhone 14 Cepat Turun


  • Pastikan untuk selalu menggunakan charger yang asli dan berkualitas.
  • Segera charge iPhone ketika baterai telah turun hingga 20%.
  • Jika memungkinkan, sesekali batasi charge iPhone hingga 80% saja.
  • Hindari menggunakan iPhone secara berlebihan ketika sedang dicharge.
  • Sesekali, batasi juga menggunakan Fast Charging terutama di area yang panas.
  • Rutin update ke iOS versi terbaru.
  • Bagi yang sering menggunakan Power Bank, pastikan menggunakan yang berkualitas.
  • Jangan menaruh iPhone di bawah paparan terik sinar matahari langsung atau pada area yang panas.
  • Kurangi kecerahan layar iPhone.
  • Gunakan atau aktifkan Mode Daya Rendah untuk menghemat penggunaan baterai.

Dengan mengikuti cara-cara di atas kalian menekan penurunan Battery Health agar tidak cepat menurun.

Meski begitu, perlu kalian ketahui juga bahwa penurunan Battery Health tidak dapat dicegah ya.. sebab komponen baterai sendiri merupakan komponen kimia yang memiliki usia pakai.

Terapkan Metode 20-80

Apabila kalian ingin menjaga Battery Health iPhone secara ekstrem, kalian dapat menerapkan metode 20-80.

20-80 adalah metode untuk menjaga Kesehatan Baterai atau Battery Health yakni dengan segera mengisi daya saat baterai sudah menyentuh angka 20%, serta segera hentikan pengisian daya ketika baterai telah mencapai 80%.

Baterai lithium-ion diketahui bekerja lebih keras saat menampung daya yang sangat tinggi yakni di atas 80%. Sedangkan dapat kehilangan kemampuan menampung daya apabila sering berada di titik terendah seperti di bawah 20%.

Nah, penerapan 20-80 diketahui dapat secara signifikan membantu menjaga Battery Health agar tidak cepat turun.

Berapa Lama Kesehatan Baterai iPhone Normalnya Turun?


Normalnya, baterai iPhone dirancang untuk menampung 500 kali siklus pengisian daya penuh (100% daya terisi) yang mungkin dapat dicapai sekitar 1 sampai 2 tahun penggunaan.

Setelah 500 kali siklus pengisian daya penuh, pada titik tersebut biasanya Battery Health akan menurun atau menyentuh angka 80%.

Jadi, penurunan Battery Health dari 100% ke 80% dalam penggunaan normal biasanya akan terjadi dalam waktu 1 sampai 2 tahun penggunaan.

Hal ini bisa menjadi lebih lama lagi tergantung perawatan atau siklus penggunaan.

Penutup...

Sebagai informasi saja, 80% adalah batas minimal Battery Health di mana biasanya baterai iPhone mulai menimbulkan beragam masalah. Misalnya baterai boros, sulit dicharge, ngelag atau penurunan performa, bahkan yang paling parah iPhone bisa sering restart sendiri.

Jika sudah begitu, maka penggantian ke komponen baterai yang baru sangat diperlukan untuk mengembalikan fungsi dan performa iPhone.