Cara Mengatasi iPhone 14 dan 14 Pro yang Sering Restart Sendiri

iPhone yang sering restart sendiri atau tiba-tiba bukanlah masalah baru. Sudah sejak lama masalah ini menghampiri sebagian kecil pengguna iPhone.

Nah, pada postingan kali ini, saya akan membagikan cara mengatasi secara khusus untuk iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max yang sering atau tiba-tiba restart sendiri.

Baik, tanpa banyak berbasa-basi lagi, langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Mengatasi iPhone 14 dan 14 Pro yang Sering Restart Sendiri


1. Restart Paksa (Force Restart)

Apabila diakibatkan oleh Bug atau kesalahan sistem iPhone, maka disarankan untuk mencoba me-restart paksa atau force restart iPhone.

Cara ini umumnya digunakan untuk mengatasi beragam masalah pada sistem iPhone.

Berikut cara-caranya:

  • Tekan tombol Volume Atas lalu segera lepas.
  • Tekan tombol Volume Bawah lalu segera lepas.
  • Tekan dan Tahan terus tombol Power/Lock sekitar 10 hingga 15 detik sampai iPhone menyala atau menampilkan logo Apple (restart).


Apabila iPhone masih terjebak tepatnya terus menerus restart dengan sendirinya (bootloop), coba ulangi langkah di atas setidaknya 2 sampai 3 kali dengan jeda 5 detik sebelum mencoba ulang.

2. Cek Kesehatan Baterai (Battery Health)

Salah satu masalah yang seringkali menyebabkan iPhone restart sendiri adalah baterai yang sudah tidak dapat menyediakan daya yang cukup untuk iPhone.

Untuk mengetahui apakah masalah ini kemungkinan besar datang dari komponen baterai yang kesehatannya sudah menurun, silakan cek kesehatan baterai iPhone melalui cara-cara berikut:

  • Buka aplikasi "Pengaturan" bawaan iPhone.
  • Kemudian masuk ke menu "Baterai".
  • Lalu pilih menu "Kesehatan Baterai".
  • Jika sudah, perhatikan angka Kesehatan Baterai atau Pesan Peringatan yang muncul (jika ada).


Kesehatan Baterai iPhone yang baik yakni berada di atas 80%. Apabila sudah kurang dari 80% atau bahkan di bawah 70%, ada kemungkinan besar komponen baterai tersebutlah yang merupakan sumber masalah.

3. Update ke iOS versi Terbaru

Jika memungkinkan, kalian bisa mencoba meng-update iOS pada iPhone ke versi terbaru yang tersedia untuk mencegah apabila masalah ini memang disebabkan oleh iOS yang bermasalah.

Caranya:

  • Buka aplikasi "Pengaturan" bawaan iPhone.
  • Kemudian masuk ke menu Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.
  • Apabila tersedia, silakan download dan install update iOS tersebut.

PENTING! selama proses update pastikan iPhone terhubung ke pengisian daya. Untuk mendownload update, kalian membutuhkan jaringan WiFi atau 5G.

4. Reset Total iPhone ke Pengaturan Pabrik dengan Mode Recovery

Di sisi lain, kalian bisa mencoba me-reset total iPhone ke pengaturan pabrik dengan melalui Mode Recovery.

*Backup data-data penting sebelum melanjutkan*

1. Sambungkan iPhone ke komputer lalu buka aplikasi iTunes (Mac gunakan Finder).

2. Apabila iPhone sudah terdeteksi, silakan ikuti cara-cara berikut untuk masuk ke Mode Recovery:

  • Tekan tombol Volume Atas lalu segera lepas.
  • Tekan tombol Volume Bawah lalu segera lepas.
  • Tekan dan Tahan terus tombol Power/Lock sekitar 10 hingga 15 detik sampai aplikasi iTunes menampilkan menu untuk memulihkan iPhone.

3. Jika iPhone berhasil masuk ke Mode Recovery, maka iTunes akan menampilkan pilih untuk memulihkan/restore iPhone dan ikuti prosesnya hingga selesai.

5. Solusi Terakhir...

Cara-cara di atas sebelumnya tidak membuahkan hasil? iPhone kalian yang restart sendiri diakibatkan setelah terendam air atau terjatuh?

Jika sudah begitu, maka disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke authorized service center Apple atau layanan perbaikan iPhone lainnya. Sebab, kerusakan kemungkinan besar datang dari salah satu komponen pada iPhone itu sendiri.