XinA12 dan Palera1n Jailbreak Pertama untuk iOS 16 Dirilis (iOS 15 - iOS 16)

Kali ini, kita kembali dikejutkan dengan kehadiran 2 aplikasi jailbreak baru yang salah satunya sudah mendukung hingga iOS 16.

Ya, akses jailbreak pertama untuk iOS 16 akhirnya dirilis untuk publik melalui aplikasi "palera1n". Di sisi lain, kalian juga bisa mendapatkan akses jailbreak untuk iOS 15 melalui aplikasi "XinA12".

Untuk lebih detailnya, langsung saja cek informasinya berikut ini.

Dukungan Jailbreak Aplikasi "XinA12"


XinA12 merupakan aplikasi jailbreak yang mendukung iPhone dan iPad dengan chip Apple A12 (iPhone XR/XS) dan lebih baru di iOS 15 sampai iOS 15.1.1.

Meski begitu, aplikasi ini masih dalam tahap percobaan dan tidak direkomendasikan untuk pengguna umum.

Dukungan Jailbreak Aplikasi "palera1n"


Palera1n merupakan aplikasi jailbreak iOS 15 sampai iOS 16 pertama yang dirilis untuk publik.

Sayangnya, karena aplikasi ini berbasis exploit "checkm8" semi-tethered seperti yang digunakan oleh Checkra1n, maka dukungan perangkat terbatas dari iPhone 6S hingga iPhone X saja.

Di sisi lain, pengguna iPhone 7, 8, dan X harus mematikan password serta mereset data pada iPhone ke pengaturan pabrik untuk dapat melakukan jailbreak.

Bagi yang ingin melakukan jailbreak menggunakan aplikasi palera1n, untuk saat ini kalian membutuhkan macOS atau Linux.

Untuk download serta menginstall jailbreak Palera1n, silakan cek halaman berikut: https://github.com/palera1n

Apakah Jailbreak Masih Direkomendasikan?

Ya, apabila kalian melakukan jailbreak di iPhone cadangan, dalam arti bukan iPhone utama.

Mengapa? meskipun jailbreak menawarkan beragam kustomisasi serta tweak yang menarik, kalian mungkin akan kesulitan menginstall aplikasi yang membutuhkan keamanan tinggi seperti mobile banking.

Selain aplikasi banking, beberapa game mungkin saja akan memblacklist perangkat kalian dari layanannya untuk alasan keamanan.

Penutup...

Sebenarnya menggunakan iPhone tanpa di-jailbreak pun sudah memberikan beragam fitur serta kustomisasi yang menarik. Terutama di iOS 16.

Walau begitu, bagi yang sebelumnya sudah pernah melakukan jailbreak di iPhone-nya, mungkin akan sangat merindukan beragam hal yang hanya bisa dilakukan pada iPhone yang sudah di-jailbreak.