Cara Mengatasi iPhone 14 yang Cepat Panas atau Overheat

Pada postingan kali ini, Admin akan membagikan cara mudah mengatasi iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max yang cepat panas atau overheat.

Nah, sebelumnya perlu kalian ketahui bahwa panas adalah hal yang sangat normal ketika iPhone sedang menjalankan beragam aktivitas, terutama aktivitas yang cukup menguras kinerja.

Berikut adalah hal-hal yang dapat membuat iPhone menjadi lebih panas dari biasanya.

Hal-Hal yang Penyebab iPhone Cepat Panas


  • Area lingkungan sekitar yang panas atau kurang memiliki sirkulasi udara yang baik.
  • Saat dedang mengisi daya iPhone menggunakan fitur Fast Charging atau Wireless Charging.
  • Menjalankan aplikasi atau game yang membutuhkan performa tinggi.
  • Menggunakan kecerahan layar yang tinggi.
  • Melakukan panggilan video call dalam waktu yang cukup lama.
  • Jaringan internet kurang stabil.
  • Penggunaan jaringan 5G.
  • Proses update atau backup yang sedang berjalan di latar belakang.
  • Banyaknya aplikasi yang berjalan atau mengirimkan notifikasi.

Meski hal-hal di atas terbilang sangatlah normal, namun ada beberapa tips yang dapat kalian coba lakukan untuk mencoba meredam panas tersebut. Berikut informasi selengkapnya:

Cara Mengatasi iPhone 14 yang Cepat Panas atau Overheat

1. Restart iPhone

Dengan me-restart atau sederhananya mematikan kemudian menyalakan kembali iPhone, maka sistem dapat berjalan lebih optimal sehingga dapat menekan panas berlebih.

Berikut cara restart di seluruh jajaran iPhone 14.

  1. Tekan tombol Volume Atas lalu lepas.
  2. Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas.
  3. Tekan dan Tahan tombol Power/Lock hingga iPhone Restart atau Menampilkan logo Apple.

2. Kurangi Kecerahan Layar

Kecerahan Layar yang tinggi merupakan salah satu penyebab utama iPhone yang mengalami panas berlebih.

Untuk itu sangat disarankan untuk mengurangi kecerahan layar, terutama apabila area sekitar kalian cukup panas atau tidak teraliri udara sejuk.

Di sisi lain kalian juga dapat mengizinkan iPhone untuk secara otomatis mengatur kecerahan layar mengikuti kecerahan sekitar. Caranya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks > Kecerahan Otomatis.


3. Matikan Izin Aplikasi untuk Berjalan di Latar Belakang

Aplikasi yang terinstall di iPhone kalian dapat secara diam-diam mengirim atau menerima data meski sedang tidak dijalankan.

Meski tidak terlalu signifikan, aktivitas ini dapat membebani kinerja iPhone serta menguras daya baterai.

Untuk mengatasinya, silakan matikan fitur "Segarkan App di Latar" melalui Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar > Segarkan App di Latar > Mati.

4. Ubah Jaringan 5G ke Auto atau LTE

Jaringan 5G dapat mengurasi baterai serta kinerja sehingga menyebabkan iPhone menjadi lebih cepat panas. Hal ini dapat diperparah apabila jaringan 5G masih belum benar-benar stabil.

Untuk itu, apabila iPhone mengalami panas berlebih ketika menggunakan jaringan 5G, kalian dapat menurunkannya sementar ke 4G atua LTE melalui aplikasi Pengaturan > Seluler > Pilihan Data Seluler > Suara & Data.

5. Untuk iPhone Baru, Tunggu Hingga Penyesuaian Selesai

Apabila iPhone yang cepat panas tersebut merupakan iPhone baru, maka panas berlebih adalah hal yang sangat wajar.

Sebab iPhone baru akan mulai menyesuaikan dengan pengaturan yang kalian buat. Hal ini dapat menguras kinerja serta daya baterai iPhone sehingga mengasillkan panas berlebih.

Proses ini biasanya berlangsung sekitar 2 sampai 3 hari.

6. Update ke iOS Versi Terbaru

Di sisi lain, panas berlebih juga dapat dihasilkan oleh Bug pada iOS yang masih belum sepenuhnya stabil.

Untuk mengatasinya, kalian bisa mencoba melakukan update ke iOS versi terbaru dengan harapan bahwa masalah ini telah diperbaiki.

Caranya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Gunakan jaringan WiFi atau 5G untuk men-download update.

7. Update Aplikasi di App Store

Terkhusus apabila iPhone panas ketika menjalankan aplikasi tertentu yang didownload dari App Store, silakan cek apakah tersedia update untuk aplikasi tersebut atau tidak.

Sebab dalam beberapa kasus aplikasi yang belum sepenuhnya stabil dapat menyebabkan iPhone menjadi lebih panas ketika sedang menjalankannya.

8. Nonaktifkan Bluetooth, WiFi, atau Data Seluler yang Tidak Terpakai

Apabila kalian sedang tidak menggunakan jaringan Bluetooth, WiFi, atau Data Seluler, ada baiknya untuk menonaktifkannya.

Jika jaringan sedang buruk, kalian bisa mengkatifkan Mode Pesawat untuk menonktifkan seluruh jaringan yang dapat mengurangi beban kinerja iPhone.

9. Nonaktifkan Fetch dan Push Email

Apabila kalian menggunakan aplikasi Mail di iPhone, perlu kalian ketahui bahwa aplikasi tersebut akan terus memperbarui datanya sehingga dapat menguras daya serta kinerja iPhone.

Untuk menonaktifkan aktivitas tersebut silakan buka aplikasi Pengaturan > Mail > Akun > Ambil Data Baru kemudian ubah menu dari Fetch ke Manual/Secara Manual pada layanan yang diinginkan.

Berikut contohnya:


10. Suhu Sekitar yang Panas

Suhu sekitar sangat mempengaruhi suhu iPhone juga. Apabila suhu sekitar dalam keadaan panas apalagi ketika iPhone terpapar terik sinar matahari langsung, maka sudah bisa dipastikan iPhone akan menjadi cepat panas bahkan ketika sedang tidak digunakan.

Jadi, ada baiknya untuk tidak menggunakan iPhone secara berlebihan di lingkungan yang panas atau silakan cari tempat yang lebih sejuk.

11. Hindari Menggunakan iPhone Sambil Dicharge

Menggunakan iPhone ketika sedang dicharge dapat menghasilkan panas yang berlebih, sebab baterai yang sedang diisi daya akan menghasilkan panas yang diperparah dengan panas yang dihasilkan ketika iPhone sedang bekerja.

Jadi, tidak disarankan untuk menggunakan iPhone secara berlebihan ketika sedang dicharge, apalagi ketika menggunakan Fast Charger.

12. Aktifkan Mode Daya Rendah

Mode Daya Rendah adalah fitur yang memungkinkan iPhone mengurangi seluruh aktivitas di latar belakang, mengurangi performa, serta mengurangi kecerahan layar maksimal untuk menghemat penggunaan baterai.

Hal ini secara tidak langsung juga akan sangat berdampak pada suhu iPhone yang menjadi lebih dingin.

Untuk mengaktifkan Mode Daya Rendah silakan tap icon Baterai di Pusat Kontrol atau masuk ke aplikasi Pengaturan > Baterai.

13. Cek Kesehatan Baterai

Kesehatan Baterai atau Battery Health iPhone yang sudah menurun drastis (buruk), dapat menyebabkan beragam masalah salah satunya iPhone yang menjadi cepat panas.

Normalnya, Kesehatan Baterai iPhone yang baik yakni berada di atas 80%. Apabila kurang dari itu, maka penggantian baterai mungkin segera diperlukan.

Untuk cek Kesehatan Baterai silakan buka aplikasi Pengaturan > Batarai > Kesehatan Baterai.

14. Cek Aplikasi yang Menguras Banyak Baterai

Kalian dapat melihat aplikasi apa saja yang menguras cukup banyak baterai. Mengapa baterai? sebab aplikasi yang menggunakan banyak baterai umumnya akan menguras kinerja iPhone yang dapat menghasilkan panas berlebih.

Untuk mengetahuinya silakan buka aplikasi Pengaturan > Baterai.

15. Nonaktifkan Layar 120 Hz

Beberapa iPhone seperti iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max memiki fitur ProMotion, yakni layar yang dapat berjalan di 120 Hz atau dua kali lipat lebih cepat dan halus dari layar iPhone lainnya.

Meskipun fitur ini mengoptimalkan penggunaan baterai yang sangat baik, pengguna dapat mencoba menonaktifkan layar 120 Hz untuk melihat apakah masalah iPhone yang panas disebabkan oleh fitur 120 Hz.

Caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Gerakan lalu aktifkan menu Membatasi Laju Bingkai.

16. Hindari Case Terlalu Tebal

Case yang terlalu tebal dapat menutup total sirkulasi udara di iPhone sehingga menyebabkan pelepasan panas berjalan lambat.

Untuk itu, pastikan untuk memperhatikan case yang digunakan agar tidak terlalu tebal atau menutupi hampir seluruh area iPhone.

Di sisi lain case yang terlalu tebal tidak menutup kemungkinan juga dapat menghalangi antena jaringan di iPhone.

Dampak iPhone yang Sering Mengalami Panas Berlebih


Panas berlebih atau overheat yang dihasilkan oleh iPhone bukan berarti iPhone akan baik-baik saja.

Salah satu dampak utama panas berlebih tersebut adalah kerusakan komponen baterai yang ditandai dengan cepatnya menurun kesehatan baterai iPhone.

Normalnya kesehatan baterai iPhone yang baik dapat bertahan hingga sekitar 1 sampai 2 tahun penggunaan rutin setiap harinya. Namun, apabila sering mengalami overheat, proses ini dapat berjalan lebih cepat sehingga efek kesehatan baterai menurun akan semakin terasa.

Contohnya seperti baterai yang menjadi lebih boros, drop tiba-tiba, hingga sulit dicharge.

Penutup...

Baik, itu saja informasi seputar cara mengatasi iPhone yang cepat panas atau overheat.

Apabila iPhone kalian menjadi sangat panas tiba-tiba padahal sedang tidak digunakan bahkan hingga muncul pesan iPhone perlu untuk didinginkan. Ada baiknya untuk membawa iPhone tersebut untuk digaransikan bila masih dalam masa garansi.