Apakah iPhone 8 dan 8 Plus Masih Layak di Tahun 2023?

Mungkin tidak sedikit dari kalian yang berencana ingin membeli iPhone 8 atau iPhone 8 Plus di Tahun 2023 ini.

Ya, tidak salah, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus memang merupakan salah satu iPhone terbaik yang pernah dibuat oleh Apple.

Meski begitu, ada banyak hal yang perlu kalian ketahui serta pertimbangkan sebelum membeli atau meminang iPhone 8 maupun iPhone 8 Plus di Tahun 2023 ini.

Apakah iPhone 8 dan 8 Plus Masih Layak di Tahun 2023?


Tolak ukur kelayakan iPhone secara umum dipertimbangkan melalui banyak faktor seperti usia, fitur yang tersedia, dukungan iOS, performa, daya tahan baterai, ukuran layar, kualitas kamera, usia penggunaan, serta harga yang ditawarkan.

Untuk mengetahui apakah iPhone 8 dan iPhone 8 Plus masih layak atau tidak di Tahun 2023, berikut beragam alasan pertimbangan yang harus kalian ketahui sebelum membelinya!

Alasan iPhone 8 dan 8 Plus Masih Layak di Tahun 2023


1. Usia

Meski sudah berusia cukup tua, yakni dirilis pada tahun 2017 (5/6 tahun yang lalu), keduanya masih menyuguhkan beragam fungsi yang tidak kalah dengan smartphone menengah ke atas lainnya.

2. Fitur.

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus sudah mendukung beragam fitur untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sebut saja dukungan NFC, fitur-fitur pada iOS terbaru (iOS 16), dan lain sebagainya.

3. Dukungan iOS Terbaru.

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus juga masih bisa mendapatkan dukungan update iOS terbaru, yakni hingga iOS 16 yang dirilis pada tahun 2022 lalu.

4. Performa.

Menggunakan chip Apple A11 sama seperti yang digunakan oleh iPhone X, keduanya juga masih memiliki performa yang cukup cepat untuk beragam kebutuhan. Entah itu untuk bermain game, mengedit video, serta menjalankan beragam aplikasi sosial media terbaru tanpa masalah.

5. Daya Tahan Baterai.

Dari sisi ketahanan baterai, mungkin iPhone 8 Plus adalah yang paling disarankan. Di samping memiliki ukuran layar yang besar serta dua buah kamera, daya tahan baterainya juga masih tergolong cukup baik dibandingkan iPhone 8.

6. Kualitas Kamera.

Kualitas kamera iPhone 8 dan 8 Plus masih tergolong cukup baik di Tahun 2023 dan mampu bersaing dengan kamera smartphone lainnya dari kelas menengah ke bawah hingga kelas menengah, khususnya untuk iPhone 8 Plus.

Cocok bagi yang menyukai karakteristik khas kamera iPhone.

7. Ukuran Layar

iPhone 8 hadir dengan ukuran layar 4.7 inci sedangkan iPhone 8 Plus hadir dengan ukuran layar lebih besar, yakni 5.5 inci.

Ukuran layar iPhone 8 cocok digunakan bagi yang menyukai iPhone kecil (masih digunakan sampai saat ini melalui iPhone SE), sedangkan iPhone 8 Plus cocok bagi yang menyukai ukuran layar agak besar dan lebar.

8. Harga.

Karena sudah lama tidak lagi diproduksi, kalian bisa mendapatkan iPhone 8 maupun iPhone 8 Plus dengan harga bekas yang sangat murah.

Di tahun 2023 kalian bisa mendapatkan iPhone 8 dalam rentang harga 2 sampai 3 jutaan serta 3 sampai 4 jutaan untuk iPhone 8 Plus (tergantung kapasitas penyimpanan).

Alasan iPhone 8 dan 8 Plus Tidak Layak Pakai Lagi di Tahun 2023


1. Usia.

Sebenarnya 5 atau 6 tahun adalah usia yang sudah tergolong cukup tua untuk ukuran sebuah smartphone, sehingga ada banyak fitur terbaru serta beragam hal lainnya yang sudah tidak lagi mumpuni.

Selengkapnya, cek no 2 hingga no 7 di bawah berikut.

2. Fitur.

Meski masih bisa memenuhi beragam kebutuhan dasar, namun iPhone 8 dan iPhone 8 Plus sudah cukup kehilangan banyak fitur yang dirilis bersamaan dengan iOS terbaru, misalnya fitur Live Text.

Selain itu iPhone 8 dan iPhone 8 Plus juga belum mendukung jaringan 5G.

3. Dukungan iOS Terbaru.

Masih mendapatkan update iOS 16 di tahun 2022 yang lalu, besar kemungkinan usia dukungan update untuk iPhone 8 dan iPhone 8 Plus (termasuk iPhone X) akan segera berakhir.

Apple biasanya akan segera menghentikan dukungan update pada perangkat yang sudah berusia lebih dari 4 atau 5 tahun.

4. Performa.

Performa yang dimiliki oleh iPhone 8 dan iPhone 8 Plus juga bisa dikatakan sudah mulai kewalahan dengan beragam aplikasi serta game terbaru yang semakin membutuhkan perangkat berkinerja cepat.

Selain itu, beberapa game dengan intensitas grafik tinggi juga sudah mulai menghilangkan dukungan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

5. Daya Tahan Baterai.

Kapasitas baterai iPhone 8 dan iPhone 8 Plus tergolong biasa saja, meski iPhone 8 Plus sendiri memiliki ukuran yang lebih besar.

Ya, ukuran baterai yang besar sebenarnya tidak akan banyak menolong pada iPhone yang sudah berusia lama. Ekstra kerja keras karena teknologi yang sudah tertinggal, tentunya akan menghabiskan lebih banyak daya baterai.

6. Kualitas Kamera.

Jika dibandingkan dengan iPhone 11 atau lebih baru, tentu kualitas serta fitur dari kamera iPhone 8 dan 8 Plus sudah cukup jauh tertinggal.

7. Harga.

Dengan rentang harga bekas 2 sampai 4 jutaan, tambah atau bersabar menabung sedikit lagi, kalian sudah bisa mendapatkan iPhone XR, XS, XS Max, yang berkisar 4 sampai 5 jutaan, atau iPhone 11 yang berkisar 5 sampai 7 jutaan saja.

Jadi, sangat patut dipertimbangkan lagi ya!

Alternatif iPhone 8 dan iPhone 8 Plus di Tahun 2023


Alih-alih iPhone 8 atau iPhone 8 Plus, apabila memiliki budget lebih, sangat direkomendasikan kalian untuk setidaknya memilih iPhone dalam daftar berikut untuk penggunaan jangka panjang:

  • iPhone 12

Dengan budget yang sangat terbatas di Tahun 2023, sangat direkomendasikan kalian untuk membeli setidaknya:

  • iPhone XR
  • iPhone XS
  • iPhone XS Max
  • iPhone 11

Bagi yang bersedia memilih iPhone 12 apalagi yang lebih baru, selamat, kalian telah berinvestasi untuk penggunaan jangka panjang.

Sedangkan bagi yang budgetnya sangat terbatas, iPhone 11 adalah yang paling direkomendasikan, atau setidaknya kalian bisa juga mempertimbangkan iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR.

Penutup...

Bagaimana, apakah masih tertarik ingin membeli iPhone 8 atau iPhone 8 Plus? secara pribadi, Admin sendiri tidak merekomendasikan iPhone 8 atau iPhone 8 Plus lagi, termasuk iPhone X sebenarnya.

Admin lebih merekomendasikan kalian untuk setidaknya bersabar dan mengambil setidaknya iPhone 12 atau lebih baru. Atau jika kalian menyukai iPhone dengan desain lama yang memiliki tombol home, pertimbangkan iPhone SE Generasi ke-3.

Jika budget benar-benar terbatas kalian bisa mempertimbangkan iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, terlebih iPhone 11. Sedangkan untuk iPhone dengan tombol pertimbangkan iPhone SE Generasi ke-2.