Penyebab dan Mengatasi iPhone Mati Padahal Baterai Belum Habis atau Masih Ada

Dari waktu ke waktu bahkan hingga saat ini, tidak sedikit pengguna yang melaporkan jika iPhone mereka tiba-tiba mati padahal baterai masih belum habis atau masih ada.

Lalu, apa sih penyebabnya dan bagaimana cara untuk mengatasinya? berikut informasi selengkapnya untuk kalian.

Penyebab iPhone Mati Padahal Baterai Belum Habis atau Masih Ada


Terdapat beberapa hal yang menyebabkan iPhone mati padahal baterai belum habis atau masih ada serta cara-cara untuk mengatasinya:

1. Tanda Kerusakan Baterai

Salah satu penyebab paling umum iPhone yang mati tetapi baterai masih ada atau belum habis, yakni datang dari kerusakan komponen baterai.

Ya, komponen baterai yang sudah mulai mengalami gejala kerusakan atau bahkan sebenarnya sudah rusak, dapat menyebabkan pembacaan daya baterai yang keliru sehingga mengakibatkan iPhone mati tiba-tiba.

Kalian dapat melihat indikator kerusakan baterai iPhone melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

Apabila menu "Kapasitas Maksimum" telah menunjukkan angka di bawah 80% atau bahkan di bawah 70%, maka komponen baterai di iPhone kalian sudah perlu untuk segera diganti.

Selain itu apabila usia penggunaan iPhone sudah di atas 2 tahun sejak pertama kali dibeli, wajar rasanya jika komponen baterai mulai mengalami kerusakan dan perlu segera diganti.

2. Bug iOS

Selanjutnya, meski sangat jarang terjadi namun Bug atau Kesalahan Sistem juga dapat menjadi penyebabnya.

Untuk mengatasi masalah ini kalian hanya perlu me-restart (mematikan atau menyalakan kembali) iPhone atau update ke iOS versi terbaru yang tersedia.

3. Baterai Belum Terkalibrasi dengan Baik

Di sisi lain masalah ini juga cukup sering terjadi pada komponen baterai baru yang belum terkalibrasi dengan baik.

Jadi, terkhusus bagi yang iPhone-nya baru saja diganti ke baterai baru, disarankan untuk melakukan proses kalibrasi agar iPhone dapat membaca kapasitas baterai dengan benar.

Caranya kalibrasi baterai iPhone silakan cek di sini: Cara Kalibrasi Kesehatan Baterai iPhone

Penutup...

Meski terlihat sepele, namun hampir 90% kasus iPhone yang mati tetapi baterai masih penuh sudah bisa dipastikan datang dari kerusakan komponen baterai atau belum terkalibrasinya baterai baru.

Sedangkan sisanya datang dari sistem yang mengalami bug atau kesalahan, hingga yang paling fatal yakni disebabkan kerusakan Logic Board.

Oke, itu saja informasi seputar iPhone yang mati padahal bateria masih ada atau belum habis yang dapat saya bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya. Terima Kasih!