Cara OFF WA Tanpa Mematikan Data Seluler di iPhone

Ingin off (mematikan atau menonaktifkan) aplikasi WA (WhatsApp) di iPhone tanpa perlu mematikan data seluler? jika ya, maka caranya sangatlah mudah, kalian hanya perlu mengatur untuk mematikan izin penggunaan data seluler untuk aplikasi WhatsApp.


Di sisi lain, sebenarnya kalian juga bisa menonaktifkan total fungsi aplikasi WhatsApp dengan cara mengeluarkannya, dalam arti aplikasi WhatsApp akan dihapus, namun data-datanya seperti chat, foto, atau beragam file lainnya, akan tetap berada di iPhone.

Ketika aplikasi WhatsApp diinstall ulang, maka data-data sebelumnya akan kembali lagi ke iPhone.

Oke, tanpa banyak berbasa-basi lagi, langsung saja cek salah cara-caranya berikut ini.

Cara OFF WA Tanpa Mematikan Data Seluler di iPhone

1. Buka aplikasi "Pengaturan" iPhone.

2. Kemudian, cari dan pilih menu "Seluler".

3. Jika sudah, silakan cari dan matikan izin penggunaan data seluler untuk aplikasi "WhatsApp".


Nah, sekarang aplikasi WhatsApp sudah dalam status OFF karena tidak memiliki akses ke data seluler lagi.

Namun ingat! ketika iPhone terhubung ke WiFi, maka secara otomatis aplikasi WhatsApp akan aktif kembali.

Lalu, bagaimana cara off WA saat iPhone terhubung ke WiFi?

Cara OFF WA di iPhone dengan WiFi

Karena iPhone tidak mengizinkan akses pembatasan data aplikasi untuk jaringan WiFi, maka kalian perlu mengeluarkan aplikasi WhatsApp dari iPhone untuk menonaktifkannya. Singkatnya, dengan cara menghapus aplikasi WhatsApp namun tidak dengan data-datanya seperti Chat, Foto, atau beragam file lainnya.

Ketika aplikasi WhatsApp diinstall lagi, maka data-data tersebut seharusnya secara otomatis akan kembali lagi. Dengan begitu aplikasi WhatsApp seperti akan kembali dalam kondisi sebelum dihapus.

Disarankan untuk mem-backup data-data WhatsApp terlebih dahulu ke iCloud untuk mencegah kemungkinan data-data corrupt atau tidak bisa dikembalikan.

Caranya:

1. Buka aplikasi "Pengaturan" iPhone.

2. Kemudian, cari dan pilih menu "Umum".

3. Lalu, cari dan pilih menu "Penyimpanan iPhone".

4. Jika sudah, cari dan pilih aplikasi "WhatsApp".

5. Lalu, pilih menu "Keluarkan App" dan pilih lagi menu "Keluarkan App" untuk mengeluarkan aplikasi WhatsApp tersebut.


Menginstall Ulang Aplikasi WhatsApp

Karena hanya dikeluarkan (data-data aplikasi WhatsApp tidak ikuti dihapus), kalian masih akan menemukan icon aplikasi WhatsApp di iPhone kalian.

Untuk menginstall kembali aplikasi WhatsApp, kalian cukup tap pada icon tersebut dan secara otomatis aplikasi WhatsApp akan di-download kembali.

Setelah download selesai, coba buka aplikasi WhatsApp tersebut, dan seluruh data-data seperti chat, foto, dll., akan kembali lagi.

Cara OFF WA di iPhone dengan Mematikan Notifikasi

Alternatif lainnya, kalian bisa mencoba off WA dengan cara mematikan total notifikasinya. Namun, beragam pesan atau notifikasi akan tetap masuk saat aplikasi WA dibuka.

Bagi yang berminat, langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

1. Buka aplikasi "Pengaturan" iPhone.

2. Kemudian, cari dan pilih menu "Pemberitahuan".

3. Lalu, cari dan pilih menu "WhatsApp".

4. Jika sudah, silakan matikan menu "Izinkan Pemberitahuan".


Setelahnya, seluruh notifikasi dari aplikasi WhatsApp, entah itu pesan chat, group, dll., maupun panggilan telepon atau video call, tidak akan masuk lagi.

Penutup...

Nah, bagaimana menurut kalian? jika ingin menonaktifkannya sementara agar tidak mengganggu, mungkin cara pertama dan ketiga bisa jadi solusinya.

Namun, apabila ingin off wa dalam waktu yang cukup lama atau tidak ingin privasi terganggu, kalian bisa menggunakan cara yang kedua.

Oke, itu saja artikel seputar "Cara OFF WA Tanpa Mematikan Data Seluler di iPhone" yang dapat saya bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, jangan lupa tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya! terima kasih :)