Berita Jailbreak! axi0mX Rilis Checkm8 Exploit Bootrom Berdasarkan Hardware

Kabar Besar bagi penikmat iOS jailbreak, berita kali ini datang dari salah seorang hacker dengan inisial @axi0mX, baru saja memperkenalkan " checkm8 " di baca checkmate yang merupakan Exploit Bootrom Permanen (  berdasarkan perangkat keras ( hardware ), exploit ini dapat bekerja untuk ratusan juta perangkat Apple mulai dari iPhone 4S hingga iPhone X ( chipset Apple A5 - A11 ).


Yang membuat Exploit Bootrom ini istimewa di karenakan kalian dapat mengontrol perangkat kalian sendiri secara penuh tanpa batasan dan exploit ini tidak dapat di tambal oleh Apple pada iOS berapapun, kenapa begitu? hal ini di karenakan checkm8 tidak memanfaatkan celah keamanan berdasarkan Software ( seperti yang umumnya terjadi ) melainkan di dapat dari Hardware ( perangkat keras ), jadi tidak ada cara bagi Apple untuk menambalnya selain merilis iPhone seri terbaru.


Baca Juga : Bocoran Desain iPhone 12 Layar 6.7-inch Tanpa Notch

Exploit ini juga membuka kesempatan bagi perangkat-perangkat yang di dukungnya untuk melakukan upgrade dan downgrade iOS tanpa batasan 'signed' dari Apple, suatu hal yang sangat langka dan hampir mustahil di lakukan.

Ya.. exploit ini adalah salah satu exploit yang besar bagi dunia Jailbreaking setelah bertahun-tahun lamanya, exploit ini juga mengubah pemikiran tentang keadaan dunia jailbreak iOS yang semakin tahun semakin sulit menjadi semakin tahun semakin banyak kesempatan, terutama dari hacker-hacker yang baik hati merilis exploitnya yang berharga ratusan bahkan jutaan dollarnya secara cuma-cuma untuk komunitas jailbreak.


Akhir kata, kita lihat perkembangan selanjutnya apa saja yang akan di lakukan oleh developer-developer jailbreak seperti Pwn20wnd dalam memanfaatkan exploit berharga ini.

Tetap pantau Pukeva.com ya.. untuk informasi-informasi selanjutnya!