Cara Mempercepat iOS 13 yang Lemot di iPhone SE, 6S, 7, 8 dan X

iOS 13 baru saja hadir setelah sekian lama memasuki tahap beta dan kembali di perkenalkan oleh Apple beberapa minggu yang lalu di barengi dengan di umumkannya 3 iPhone terbaru.

Selalu menjadi kebiasaan pada setiap perilisan iOS terbaru bahwa iPhone dengan model yang sudah berusia lebih dari 3 tahun pasti mengalami banyak masalah salah satu contoh umumnya adalah penurunan Performa alias Lemot.


Walaupun Apple selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan iPhone model lama dengan mengoptimalkan fitur-fitur terbaru, tetap saja beberapa orang merasa iOS 13 tidaklah secepat versi iOS yang sebelumnya di gunakan, hal ini wajar karena saja karena setiap kali mengupdate iOS ke versi terbaru maka iPhone akan melakukan proses penyesuaian yang mungkin akan menurunkan performa dan memakan banyak daya untuk beberapa jam / hari kedepan.

Nah jika memang kalian tidak puas dengan performa iOS 13 kalian bisa mencoba beberapa hal ini untuk mengembalikan kecepatan iPhone kalian :

#1 : Pastikan kalian mengupdate ke iOS versi paling baru


Hal ini wajib di lakukan karena Apple selalu mendorong pembaruan untuk mengoptimalkan kinerja iPhonenya dan menambah celah-celah yang dapat membuat iPhone kalian semakin lambat, cek update pada Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

#2 : Nyalakan fitur " Kurangi Gerakan / Reduce Motion "



Fitur Kurangi Gerakan atau yang di sebut juga Reduce Motion dapat membantu iPhone dalam mengurangi beban kinerjanya dengan mengurangi efek transisi dan efek paralaks pada ikon, caranya menyalakannya masuk ke Pengaturan >  Aksesibilitas > Gerakan > Kurangi Gerakan kemudian Nyalakan.

#3 : Matikan fitur " Segarkan App di Latar "


Dengan mematikan fitur ini kalian bisa mendapatkan bonus daya tahan baterai tambahan dan memperingan kinerja iPhone, hal ini di karenakan fitur Segarkan App di Latar / Background App Refresh selalu mengizinkan aplikasi untuk mengambil data dan bekerja walaupun tidak kalian buka, cara mematikannya silahkan masuk ke Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar > Segarkan App di Latar > Mati.

Baca Juga : Game Terbaik iPhone Yang Tidak Ada di Android Hingga Saat Ini

#4 : Matikan " Pengunduhan Otomatis / Auto Update "


Mengupdate aplikasi adalah hal yang penting terutama untuk mendapatkan fitur-fitur terbaru, tetapi apa jadinya jika iPhone diam-diam mengupdate aplikasi padahal kalian sedang sibuk menggunakan iPhone tersebut untuk hal yang juga menggunakan koneksi internet? selain iPhone jadi lambat karena kinerja terbagi internet pun jadi lambat. Untuk mengatasinya kalian dapat mematikan fitur Pengunduhan Otomatis ini pada Pengaturan > iTunes & App Store kemudian matikan seluruhnya mencakup ( Musik, App, Buku & Buku Audio dan Pembaruan ).

#5 : Hapus Aplikasi Tidak Perlu


Jika kapasitas pada iPhone kalian hampir penuh, menghapus aplikasi yang tidak terpakai adalah hal langkah yang tepat, hal ini di karenakan jika penyimpanan di iPhone kalian hampir penuh maka hal-hal aneh biasanya terjadi contohnya aplikasi keluar sendiri, muncul peringatan penyimpanan penuh dan lain sebagainya.

> Tidak ada Perubahan?

Jika hal di atas tidak memberikan efek yang drastis pertibangkan untuk Reset ke pengaturan pabrik, dengan melakukan reset seluruh data pada iPhone akan terhapus, jadi pastikan kalian sudah membackup data-data kalian sebelum melakukan reset ini, untuk caranya silahkan masuk ke Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Hapus Konten & Pengaturan.

Sebelum melanjutkan sekali lagi silahkan backup data-data penting karena proses ini akan menghapus seluruh data pada iPhone kalian.


Baik sekian tips dari saya, jangan lupa follow dan Like Blog Pukeva ya.. Terima Kasih!

Baca Juga : Cara Membersihkan Cache / File Sampah di iPhone Tanpa Jailbreak