Penyebab dan Cara Terbaru Mengatasi iPhone Tidak Mau Ngecas

iPhone atau iPad kalian tiba-tiba tidak mau ngecas / mengisi daya? jangan panik, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah berikut untuk mengatasinya.


Chargernya Rusak?

Kebanyakan kasus iPhone tidak mau ngecas di karenakan adaptor / kabel charger yang bermasalah untuk mengatasinya kalian tinggal hanya menggantinya dengan yang baru.

Sekedar tips : Silahkan cek apakah adapter ( kepala charger ) iPhone kalian masih berfungsi atau tidak dengan menggunakannya pada Smartphone yang lain ( jika ada ). Jika berfungsi maka kemungkinan masalah datang dari kabelnya, lakukan hal yang sebaliknya gunakan adapter ( kepala charger ) smartphone yang lainnya untuk mengetahui apakah kabel iPhone kalian masih berfungsi atau tidak.

Jika Charger kalian menggunakan sambungan ( over steker : dari colokan pipih / gepeng ke bulat alias dari colokan standar eropa ke indonesia ) kalian bisa coba menggantinya dengan yang baru, ada kemungkinan juga Over Steker yang kalian pakai bermasalah.

Baca Juga : Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi Layar iPhone Yang Ngetik Sendiri

Charger KW / Palsu

Charger / Casan KW alias Palsu juga dapat menyebabkan iPhone tidak mau ngecas ( biasanya akan muncul peringatan aksesoris tidak di dukung ), hal ini sudah menjadi fitur bawaan iPhone di mana iPhone akan menolak charger dengan daya yang tidak sesuai ( palsu ) untuk menghindari komponen iPhone menjadi rusak. Jadi pastikan Casan kalian original ya termasuk kabel dan adapternya.

iPhone Ngehang / Bug

iPhone yang tidak mau ngecas bisa juga di sebabkan oleh Bug atau Hang pada iOS, cara memperbaikinya mudah silahkan Restart iPhone ( matikan kemudian nyalakan kembali ), jika tidak bisa melakukan restart karena iPhone tidak merespon apa-apa gunakan cara restart paksa baca caranya di : Cara Mengatasi iPhone yang Tidak Bisa di Matikan / Ngehang

Port / Lubang Charging iPhone Kotor

Lubang tempat casan pada iPhone ( lubang port ) yang kotor juga dapat menghambat aliran daya yang masuk, silahkan bersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan tusuk gigi dari kayu yang di lapisi kain tipis atau benda lainnya yang halus dan tidak menghantarkan listrik ( ingat! jangan gunakan bahan yang bisa mengahantarkan listrik seperi pin kertas atau jarum, resikonya iPhone bisa konslet ).

Dan yang terakhir bersihkan juga ujung colokan chargernya kemudian coba cas kembali.

Update iOS Terbaru

Apple selalu memberikan update untuk mengatasi masalah yang terjadi pada iPhone termasuk iPhone yang tidak mau di cas, silahkan lakukan update ke iOS terbaru melalui Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Jika Cara-Cara di atas tidak Berhasil


Sudah ganti charger + adaptor, sudah update iOS dan lain sebagainya tetap tidak berhasil lalu apa penyebabnya?

Ada kemungkinan Port Charger pada iPhone kalian mengalami kerusakan, untuk memastikan dan mengatasinya tentu saja tidak ada cara lain selain di bawa ke Authorized service center Apple di Indonesia atau tempat Service iPhone yang kalian percayai di sekitar tempat tinggal kalian.

Semoga cara-cara yang saya jelaskan di atas dapat membantu, jika ada pertanyaan atau ada yang ingin di sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!

Baca Juga : Cara Mencegah Penurunan Angka Kesehatan Baterai iPhone