Tips Membeli iPhone Untuk Pemakaian Jangka Panjang

iPhone merupakan smartphone premium dengan harga yang cukup mahal, menurut Apple harga iPhone sebanding dengan fitur dan layanan yang kalian dapatkan. Walaupun begitu bagi sebagian orang yang menginginkan produk iPhone pasti berpikir untuk menggunakannya dalam jangka waktu yang lama sebelum melakukan upgrade nantinya.


Lalu apa saja kunci agar iPhone dapat digunakan untuk waktu yang lama?

Membeli Produk iPhone Paling Baru

Membeli produk iPhone paling baru adalah pilihan yang sangat tepat walaupun harus mengeluarkan uang lebih. Hal ini dikarenakan performa, dukungan software, kesehatan baterai dan lain sebagainya yang masih baru dan dapat menunjang seluruh kebutuhan untuk beberapa tahun yang akan datang.

Ambil Kapasitas Sesuai Kebutuhan

Kapasitas iPhone merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan, sampai saat ini iPhone tidak menyediakan memori tambahan dari luar untuk menambah kapasitas iPhone. Jadi pastikan kalian memilih iPhone dengan kapasitas penyimpanan yang cukup luas untuk investasi kedepannya.

Beli Second? Cek Kesehatan Baterai iPhone

Kesehatan Baterai iPhone merupakan salah satu faktor yang memainkan peran cukup penting apabila kalian berencana untuk membeli iPhone second / bekas. Kesehatan baterai mempengaruhi kinerja dan daya tahan iPhone itu sendiri, maka dari itu sangat disarankan apabila ingin membeli iPhone second pastikan kalian mendapatkan kesehatan baterai yang baik (diatas 90%), baca selengkapnya soal kesehatan baterai iPhone melalui link berikut : Cara Membuat Battery Health iPhone Menjadi Awet 100%

Selain itu pastikan juga seluruh kondisi termasuk fisik dan kelengkapan dari iPhone yang akan dibeli.

Hindari iPhone Refurbished

Pernah dengan iPhone Refurbished? ya iPhone Refurbished merupakan iPhone yang sebelumnya rusak kemudian diperbaiki kembali. Kualitas dari iPhone Refurbished abal-abal memang sangat tidak disarankan, selain komponen yang digunakan banyak yang tidak lagi asli, kualitas pengerjaannya pun terkadang terkesan asal jadi.

Sebagai informasi saja, terdapat juga iPhone Refurbished CPO resmi dari Apple dengan kualitas yang sudah terjamin. Selengkapnya silakan baca artikel berikut : Perbedaan iPhone CPO dan iPhone Refurbished Lainnya

Jaga iPhone Tetap Awet untuk Penggunaan Jangka Panjang

1. Perhatikan Pola Pengisian Daya yang Baik

Memperhatikan pola dan kebiasaan cas iPhone adalah sesuatu yang penting, hal ini bertujuan agar kesehatan baterai iPhone tidak cepat menurun yang berdampak pada performa iPhone yang ikut menurun. Tips Selengkapnya bisa kalian baca pada postingan berikut : Penyebab Kesehatan Baterai iPhone yang Cepat Menurun

2. Rutin Melakukan Update Software

Melakukan update software adalah hal terbaik untuk mendapatkan perbaikan dari Apple, hal ini mencakup peningkatan performa, pembaruan fitur hingga meningkatkan manajemen baterai agar lebih awet. Untuk melakukan update software silakan masuk ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

3. Gunakan Case

Case bukan hanya sekedar untuk tampilan tetapi juga investasi, case berguna untuk melindungi iPhone dari layar retak / pecah karena jatuh, bodi iPhone baret dan lain sebagainya. Selain itu case juga dapat membantu kalian mengenggam iPhone menjadi lebih nyaman.

4. Gunakan Pelindung Layar / Tempered

Tempered Glass adalah salah satu hal yang sangat disarankan, selain dapat melindungi layar iPhone dari goresan, Tempered Glass juga dapat membantu mengurangi resiko layar retak dan pecah apabila tidak sengaja terjatuh (terbentur).

5. Jaga Suhu iPhone

Suhu panas dapat memperpendek usia baterai iPhone, sangat disarankan untuk menghindari hal-hal yang membuat suhu iPhone kalian meningkat tajam.

Perlukah Upgrade Tiap Tahun?

Ketika membeli iPhone terbaru yang baru saja dirilis tahun ini sebenarnya kalian tidak perlu terburu-buru untuk upgrade pada tahun berikutnya atau bahkan untuk 2 tahun ke depan.

iPhone sendiri memiliki kualitas yang baik dan didesain untuk pemakaian jangka panjang. Selain itu dukungan untuk update software juga setidaknya akan tetap diberikan sampai kira-kira hingga 5 tahun usia iPhone.

Waktu terbaik untuk upgrade iPhone adalah saat usianya sudah cukup lama 3 - 5 tahun atau hingga iPhone memiliki cukup banyak masalah serius.