Tips Cara Mengamankan WhatsApp Agar Tidak bisa di Hack

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chat ( pengirim pesan ) yang paling banyak di gunakan orang saat ini, selain tampilannya yang sederhana dan mudah di gunakan WhatsApp juga harus menjaga Privasi para penggunanya agar aman dari ancaman Hacker atau orang lain yang ingin mengakses privasi kalian.

Hacker-hacker di luar sana bisa saja mengakses Aplikasi WhatsApp beserta isinya misalnya chat, gambar dan lain sebagainya tanpa seizin kalian.


Tidak perlu terlalu Khawatir!

Walaupun begitu menurut saya kalian tidak perlu khawatir berlebihan, sebenarnya untuk melakukan hack terhadap WhatsApp tidaklah semudah itu dan masuk kategori hampir mustahil di lakukan sembarang orang.

Kalaupun bisa paling-paling biasanya mereka mengambil kartu SIM Card milik kalian dan login di perangkat mereka ( kalau ini sih namanya nyolong ) dan mudah saja tinggal pakai cara ke #3 di bawah untuk mengatasinya :P

Baca Juga : WhatsApp Business Alternatif 2 WhatsApp dalam 1 Smartphone

Melakukan hacking terhadap WhatsApp apalagi untuk melihat konten Chat di dalamnya tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, WhatsApp adalah brand besar yang di kelola oleh Facebook sehingga keamanannya pun selalu di jaga oleh para pakar hebat dunia di bidangnya.

Tapi kalaupun ada kabar kalau WhatsApp akhirnya bisa di hack ( mencuri konten di dalamnya tanpa mengakses perangkat si pemilik ) hal ini biasanya hanya dapat di lakukan oleh hacker-haker tertentu saja seperti peneliti keamanan atau hacker hebat kelas dunia dan kalaupun mereka beraksi biasanya celah keamanan tersebut akan di serahkan ke pihak whatsapp untuk di perbaiki atau dalam kasus terburuknya di jual untuk mengincar target yang biasanya merupakan orang-orang penting dan berpengaruh saja, lalu siapakah kalian sehingga menjadi target hacker hebat? orang penting? politikus penggerak ekonomi dunia? pemimpin negara adidaya?

Dan sulitnya meretas WhatsApp bukan hanya di karenakan oleh keamanan pada WhatsApp itu sendiri saja, sistem operasi yang kalian gunakan pun ikut melindungi WhatsApp kalian contohnya Android dan iOS.

Jadi tidak usah lebay dan khawatir berlebihan, karena sejauh ini yang memungkinkan membaca pesan-pesan dan konten yang ada di dalam WhatsApp kalian mungkin hanya pemerintah saja itupun dengan izin dari WhatsApp, jadi selama kalian bukan buronan atau DPO kenapa harus khawatir? hehe..

Nah berikut ini saya akan membagikan tips dan hal-hal yang harus kalian hindari agar tidak kecolongan, apa sajakah itu?

Berikut Tips-Tips Mengamankan WhatsApp dari Hack dan Akses orang yang Tidak kalian Izinkan

#1 : Rajin Update WhatsApp

Seperti yang saya katakan tadi WhatsApp akan selalu memperbaiki celah keamanan sekecil apapun itu melalui Update pembaruan di Play Store ataupun App Store, jadi dengan rajin mengupdate WhatsApp jika sudah tersedia adalah langkah awal yang sudah sangat benar.

Baca Juga : Fitur 'Hapus Untuk Semua Orang' WhatsApp Tidak Menghapus Media Yang Terkirim pada Pengguna iPhone

#2 : Jangan Sampai Kartu Sim Kalian di Ambil

Nah inilah salah satu yang penting, jaga smartphone kalian agar tidak jatuh ke tangan yang tidak kalian inginkan supaya kartu simnya tidak di colong untuk melakukan login ke WhatsApp milik kalian, kalau perlu tambahkan PIN keamanan Verifikasi Dua Langkah seperti pada langkah ke #3 berikut

#3 : Gunakan Keamanan " Verifikasi Dua Langkah "

Dengan Verifikasi Dua Langkah, cara ke #2 di atas akan bisa kalian cegah dengan mudah karena setiap kali login ke nomor WhatsApp milik kalian, maka otomatis WhatsApp akan meminta Password atau Pin yang sudah kalian buat, jika tidak tahu pinnya maka tidak akan bisa login.

Jadi jika kalian belum mengaktifkan mode " Verifikasi Dua Langkah " pastikan untuk mengaktifkannya pada menu pengaturan di WhatsApp, tepatnya : Pengaturan > Akun > Verifikasi Dua Langkah.

#4 : Rajin Update OS atau iOS

Bagi kalian pengguna Android rajin-rajinlah mengupdate OS pada Android kalian dan untuk pengguna iPhone juga harus rajin mengupdate iOS kalian.

#5 : Hindari Root atau Jailbreak

Root ( Android ) dan Jailbreak ( iOS iPhone ) dapat meningkatkan resiko keamanan pada WhatsApp, jadi jika kalian pengguna yang biasa-biasa saja dan lebih mementingkan privasi dan data pribadi sebaiknya hindari kedua hal di atas.

#6 : Gunakan WhatsApp Resmi!

Akhir-akhir ini banyak sekali Mod WhatsApp yang bertebaran misalnya WhatsApp GB pada Android atau WhatsApp++ pada iOS, tidak salah mengisntall keduanya hanya saja jika privasi adalah yang utama sebaiknya di hindari karena bisa saja aplikasi WhatsApp tidak resmi disisipi spyware yang dapat mencuri data, pastikan kalian hanya mengisntall WhatsApp dari Android ( Play Store ) atau iOS ( App Store ).

#7 : Gunakan Antivirus

Khusus bagi pengguna Android saja kalau bisa sebaiknya silahkan gunakan Antivirus tambahan seperti Avast atau Eset Mobile Security, karena sifat Android yang Open Source maka lebih rentan  di serang oleh virus atau spyware.


Sisanya pastikan kalian menjaga Smartphone kalian dengan baik supaya konten-konten atau chat kalian tidak di lihat secara manual oleh orang yang tidak kalian kehendaki.

Oke sekian dulu tips yang bisa saya berikan bagi kalian pengguna WhatsApp yang ingin menghindari agar WhatsAppnya tidak bisa di hack, semoga dapat bermanfaat dan memberikan informasi yang jelas, jika ada yang ingin kalian tanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah ya.. Terima Kasih!

Baca Juga : DuetCam Aplikasi Rekam Video Kamera Depan Belakang untuk iPhone