Cara Mengatasi iPhone dan iPad Suka Restart / Mati Nyala Sendiri

Tidak sedikit pengguna iPhone yang mengalami masalah yang bisa dikatakan cukup serius dimana tiba-tiba iPhone mereka mati atau restart dengan sendirinya, entah ketika sedang bermain games, membuka aplikasi tertentu, mendengarkan musik, dan lain sebagainya.


Ada beberapa hal yang dapat melatarbelakangi masalah ini, bisa terjadi karena bug pada software hingga pertanda kerusakan pada hardware (biasanya baterai). Untuk memastikannya kalian bisa mencoba cara-cara berikut ini untuk mengatasinya.

Baca Juga : Cara Mengatasi iPhone Stuck Mati Nyala di Logo Apple Terus Menerus

Update ke iOS Terbaru

Untuk menghindari adanya bug atau kesalahan pada iOS, silakan update versi iOS pada iPhone ke versi terbaru dengan posisi iPhone dalam keadaan dicas, untuk cek pembaruan dan mengupdate ke iOS terbaru langsung saja masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Cek Kesehatan Baterai

Kesehatan Baterai pada iPhone merupakan salah satu penyebab utama yang seringkali menyebabkan iPhone mati total atau restart secara tiba-tiba. Baterai yang kesehatannya telah menurun sangat jauh, menghambat kemampuan baterai untuk menyuplai daya bagi komponen lainnya agar dapat berfungsi dengan baik.

Kesehatan Baterai yang telah berada di bawah 70% atau muncul peringatan untuk diservice / ganti, biasanya menjadi pertanda bahwa baterai merupakan penyebab utamanya. Untuk cek kesehatan baterai silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

Bersihkan Port Charger

Dalam beberapa kasus kotornya lubang port charger pada iPhone dapat menyebabkan masalah, terutama apabila kotoran tersebut ternyata dapat membuat short (arus pendek), jadi silakan coba bersihkan port charger iPhone dan lihat hasilnya.

Jailbreak Tidak Stabil

Apakah iPhone tersebut dalam keadaan di-jailbreak? jika ya ada kemungkinan kalian salah menginstall tweak atau jailbreak kurang stabil, silakan restart iPhone kalian ke dalam mode non-jailbreak (jika semi-untethered) dan lihat hasilnya.

Apabila masalah terus berlanjut kalian bisa mempertimbangkan untuk menghapus total jailbreak tersebut dengan cara Restore iPhone di iTunes (jangan lupa untuk membackup data-data penting terlebih dahulu).

Baca Juga : Cara Lengkap Menghapus Total Jailbreak di iPhone pada iOS versi Berapapun

Kesimpulan...

Jika cara-cara di atas tidak ada satupun yang membantu mengatasi iPhone kalian yang suka restart sendiri, sangat disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke authorize service center Apple untuk dicek lebih lanjut.

Penyebab utama yang seringkali menyebabkan iPhone restart atau mati-nyala sendiri adalah baterai hingga pertanda adanya kerusakan pada mesin iPhone itu sendiri.

Baca Juga : Cara Mencegah Penurunan Angka Kesehatan Baterai iPhone

Baik sekian dulu informasi dan tips mengatasi iPhone atau iPad yang tiba-tiba suka restart atau mati dan nyala sendiri, apabila ada yang ingin disampaikan, tanyakan atau ada yang mau berbagi pengalaman? silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!