Cara Cek LCD / Layar iPhone Original Atau Tidak Menggunakan 3uTools

Kekhawatiran yang sering terjadi ketika membeli iPhone terutama iPhone Second, Ex Internasional, bahkan Refurbished adalah kualitas komponen yang digunakan masih Original atau Tidak. Dalam hal ini komponen LCD/Layar adalah bagian yang paling vital untuk diperhatikan.


Perlu diketahui, kualitas komponen LCD/Layar pada iPhone yang Tidak Original/Asli biasanya akan menimbulkan banyak masalah di kemudian hari.

Di sisi lain pengalaman menggunakan iPhone kalian tidak akan sebaik menggunakan iPhone dengan layar original. Terdapat banyak kekurangan yang akan kalian dapatkan pada layar yang sudah tidak original, berikut contohnya.

Ciri-Ciri Layar iPhone Tidak Original

  • Kurang Responsif
  • Layar Kurang Cerah dan Terlihat Buram
  • Warna Pada Layar yang Tidak Akurat
  • Fitur True Tone/3D Touch Tidak Berfungsi
  • Sering Terjadi Ghost Touch (menyentuh sendiri)
  • Delay/Lag saat Mengetik
  • Kualitas Ketajaman Layar yang Buruk
  • Penggunaan Baterai iPhone Menjadi Lebih Boros
  • Layar Memiliki Umur Pakai yang Lebih Pendek

Sebagai salah satu referensi untuk mengecek layar iPhone original atau tidak, apakah kalian merasakan gejala-gejala pada layar iPhone seperti yang sudah saya jelaskan di atas?

Jika masih ragu untuk memastikan layar iPhone, iPad atau iPod Touch masih original atau tidak, kalian dapat menggunakan aplikasi 3uTools untuk melakukan pengecekan pada komponen LCD/Layar apakah masih Original atau Tidak Original.

Cara Cek LCD/Layar iPhone Masih Original Atau Tidak Menggunakan 3uTools

3uTools adalah salah satu aplikasi pihak ketiga yang sangat multifungsi, salah satu fungsi yang dapat diandalkan adalah fitur untuk melakukan pengecekan terhadap komponen pada iPhone apakah masih original atau sudah pernah diganti.

UPDATE! aplikasi 3uTools tidak lagi akurat dalam mendeteksi keaslian komponen pada iPhone. Skor 3uTools dapat dengan mudah dimanipulasi, khususnya untuk iPhone dalam kondisi Second/Bekas. Selengkapnya: Battery Health iPhone Bisa Dipalsukan, Ini Rahasianya

Aplikasi 3uTools ini tersedia secara gratis untuk pengguna Windows (untuk Mac belum tersedia) sebelum melanjutkan siapkan terlebih dahulu hal-hal berikut:

  1. Laptop atau Komputer (Windows 10 atau lebih baru)
  2. Koneksi Internet (untuk download aplikasi 3uTools dan verifikasi)
  3. Kabel Data
  4. iPhone, iPad atau iPod Touch yang mau dicek

Jika sudah siap langsung saja ikuti caranya berikut ini:

1. Pertama pastikan kedua aplikasi ini sudah terinstall, jika belum silakan download melalui link berikut :


2. Jika sudah sambungkan iPhone menggunakan Kabel Data ke Komputer

3. Kemudian buka aplikasi 3uTools secara otomatis aplikasi 3uTools akan mendeteksi perangkat

4. Jika perangkat sudah terdeteksi oleh 3uTools silakan klik menu View Verification Report


5. Jika muncul peringatan seperti yang ditunjukkan gambar di bawah pilih " Authorize to View "


6. Selanjutnya akan muncul jendela/menu tampilan " 3uTools iDevice Verification Report ", sekarang perhatikan gambar di bawah


  • Ex factory Value: berisikan informasi nomor seri mesin yang seharusnya (asli dari pabrik)
  • Read Value: berisikan nomor seri perangkat kalian sekarang
  • Test Result: berisikan hasil pencocokan antara kedua kolom tadi

Untuk LCD sendiri dapat kalian temukan di bagian menu "Screen Serial Number"


Eits... tapi kok Read Valuenya malah "User decision needed" dan hasilnya pun "How to judge?" apa maksudnya?

Dikarenakan aplikasi 3uTools tidak dapat membaca no seri pada layar lcd iPhone maka sebagai gantinya untuk menentukan apakah layar kalian asli atau tidak silakan lihat pada menu Front Camera apakah hasilnya normal atau tidak? jika Normal kemungkinan Besar layar pada iPhone kalian merupakan layar yang asli. kenapa begitu?

Menurut 3uTools komponen layar pada iPhone terhubung juga dengan beberapa komponen lainnya seperti earpiece, sensor dan kamera depan, menempatkan kamera depan lama ke dalam layar yang baru biasanya tidak mudah dilakukan dan sangat beresiko. Maka dari itu biasanya pada saat mengganti layar lcd, kamera depan ikut terganti dan dari situlah bisa kita ambil kesimpulan apakah layar masih original atau tidak.

Walaupun begitu cara mengecek dengan 3uTools ini Tidak 100% Akurat! jadi jangan dijadikan patokan mentah-mentah ya. Untuk lebih pastinya lagi kalian bisa melihat pada Ciri-Ciri LCD/Layar iPhone Tidak Original yang sudah saya jelaskan di awal.

Baca Juga: Cara Cek Apakah iPhone Sudah Pernah di Bongkar atau Service

Penutup...

Oke, itu saja informasi cara mengecek LCD/Layar iPhone masih Original atau Tidak yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin disampaikan, tanyakan, atau bahkan ada yang mau menambahkan? silakan tinggalkan melalui kolom komentar di bawah, Terima Kasih!