Cara Mengatasi Face ID Has Been Disabled / Dinonaktifkan pada iPhone

Bagi pengguna iPhone dan iPad dengan sistem keamanan Face ID seperti iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max hingga iPad Pro model terbaru, yang mengalami masalah pada Face ID dengan peringatan error : Face ID has been disabled atau Face ID telah di nonaktifkan.


Munculnya error face id telah di disabled tersebut kemungkinan besar di akibatkan oleh kamera True Depth pada iPhone atau iPad yang tidak bekerja sebagaimana mestinya, penyebabnya bermacam-macam mulai dari software yang Bug sampai yang terburuk ada kerusakan pada kamera True Depth. Walaupun begitu kalian tidak perlu khawatir kemungkinan besar kamera True Depth yang rusak sangatlah kecil, untuk memperbaiki masalah tersebut biasanya kalian cukup melakukan beberapa langkah-langkah berikut ini :

Cara Memperbaiki Face ID iPhone dan iPad - Has been disabled / Telah di Nonaktifkan

#1 : Restart iPhone

Sederhananya silahkan matikan iPhone kalian tunggu beberapa saat kemudian nyalakan kembali dan lihat hasilnya ( atau gunakan metode force restart ), biasanya sebagian besar pengguna yang mengalami masalah ini setelah restart Face ID akan kembali bekerja seperti biasanya, jika cara ini tidak berhasil gunakan cara selanjutnya.

#2 : Reset Face ID


Silahkan daftarkan kembali Face ID kalian dengan mereset face id, caranya silahkan masuk ke Pengaturan > Face ID & Kode Sandi > Atur Ulang face ID. Jika sudah coba daftarkan wajah kalian kembali dan lihat apakah face id sudah berhasil mendeteksi wajah.

#3 : Reset Pengaturan iPhone


Kalian bisa coba mereset ulang pengaturan pada iPhone ( tanpa menghapus data ), cara ini mungkin dapat membuahkan hasil kalau begitu langsung saja silahkan masuk ke Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.

#4 : Update ke iOS Terbaru


Bisa juga penyebab Face ID has been disabled ini di sebabkan oleh iOS yang mengalami masalah, silahkan update iOS kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini, caranya silahkan buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

#5 : Cek Sensor True Depth

Jika langkah-langkah di atas tidak juga membuahkan hasil, silahkan cek sensor kamera true depth pada iPhone atau iPad kalian apakah masih bekerja atau tidak, caranya silahkan buka aplikasi Kamera kemudian masuk ke mode Kamera Depan selanjutnya pilih menu Portrait. Apabila mode Portrait tidak bekerja maka ada kemungkinan besar masalah datang dari kamera True Depth itu sendiri.

Apabila cara-cara di atas sudah di lakukan dan langkah #5 sudah membuka kemungkinan bahwa kamera True Depth pada iPhone atau iPad kalianlah yang bermasalah, tidak ada cara lain selain membawa iPhone kalian ke service center resmi / authorized Apple di Indonesia, jika masih dalam masa garansi pertimbangkan untuk menggaransikan iPhone kalian.

Perlu diketahui juga apabila sebelumnya iPhone tersebut pernah diganti Layar atau Mesin dengan komponen yang tidak resmi dari Apple (tidak ditangani teknisi resmi Apple), maka Face ID tidak akan bekerja. Hal ini disebabkan oleh sensor Face ID pada iPhone yang menyatu dan merupakan bagian dari layar atau mesin, jadi ketika layar atau mesin diganti dengan yang tidak resmi maka Face ID juga tidak akan berfungsi.

Baik itu saja cara-cara yang dapat kalian lakukan untuk memperbaiki Face ID pada iPhone yang Disabled atau Dinonaktifkan, apabila ada yang ingin di tanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!