Cara Mengatasi iPhone X, XR dan XS yang Tiba-Tiba Mati Total / Tidak Menyala

Salah satu mimpi buruk bagi pengguna smartphone khususnya pada postingan ini iPhone X, XR dan XS adalah keadaan dimana iPhone tiba-tiba mati total, blank dan tidak mau menyala sama sekali. Mati totalnya iPhone dapat diakibatkan oleh banyak faktor tergantung bagaimana kejadian ketika iPhone tersebut tidak bisa menyala lagi.


Jika beruntung masalah mati total pada iPhone X, XR dan XS kalian hanyalah masalah software saja dan dapat diperbaiki dengan cara yang sangat mudah, namun jika masalah tidak datang dari sektor software maka kemungkinan besar kerusakan datang dari bagian mesin atau baterai iPhone itu sendiri. Nah untuk memperbaiki dan mencari tahu penyebab iPhoneX, XR dan XS yang tiba-tiba mati total kalian dapat mencoba beberapa cara di bawah berikut :

Cara Memperbaiki iPhone X, iPhone XR, iPhone XS dan iPhone XS Max Yang Mati Total

1. Cek Kabel dan Adaptor Chager / Sumber Daya

Hal pertama yang dapat kalian coba adalah memastikan bahwa kabel Charger dan Adaptornya berfungsi dengan baik, cek juga sumber listrik ( stop kontak ) apakah benar-benar dapat mengalirkan daya, jika memungkinkan silakan coba menggunakan kabel / adaptor charger yang lainnya.

2. Lakukan Force Restart / Restart Paksa

Apabila beruntung maka hal kalian mati total sebenarnya merupakan bug atau bisa disebut juga iPhone mengalami stuck / freeze sehingga tidak dapat merespon tombol dan setuhan apapun, nah untuk memperbaikinya cukup mudah silakan ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas selanjutnya tekan lagi tombol Volume Bawah kemudian lepas, yang terakhir tekan dan tahan terus tombol Power / Lock selama sekitar 10 - 15 detik, jika berhasil iPhone akan menyala dan menunjukkan logo Apple ( restart ).

Ulangi force restart ini hingga beberapa kali, coba juga dengan menghubungkan charger ke iPhone selama mencoba melakukan force restart. Jika tidak berhasil lanjutkan cara di bawah berikut

3. Tekan dan Kombinasikan Tombol iPhone

Kalian dapat mencoba beberapa kombinasi tombol berikut untuk membangkitkan iPhone kalian :

  1. Tekan dan Tahan terus tombol Power bersamaan dengan tombol Volume Atas selama beberapa detik ( 10 - 15 detik )
  2. Tekan dan Tahan tombol Volume Atas selama 5 detik kemudian lepas dan langsung tekan dan tahan tombol Power hingga sekitar 10 - 15 detik
  3. Tekan dan tahan tombol Volume Atas bersamaan dengan tombol Power setelah beberapa saat ( 5 detik ) lepas tombol Volume atas dan biarkan tombol Power tetap ditekan ( sekitar 10 - 15 detik )

Ulangi kombinasi-kombinasi tombol di atas, jika sudah dicoba berulang-ulang dan tidak juga berhasil langsung ikuti cara di bawah berikut

4. Cas Hingga 2 Jam

Sebenarnya tidak harus 2 jam, namun patokan 2 jam digunakan untuk memberikan kepastian apakah iPhone memang benar-benar mati total karena ada masalah pada baterai atau mesin. Apabila dalam waktu 2 jam tidak juga menyala silakan lanjutkan pada cara di bawah

5. Recovery Mode iPhone Melalui iTunes

Ingat cara ini hanya untuk yang iPhonenya stuck pada logo Apple alias tidak kunjung masuk ke Homescreen, caranya sambungkan iPhone ke komputer yang sudah terinstall iTunes kemudian silakan :

  • Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas selanjutnya tekan lagi tombol Volume Bawah kemudian lepas, yang terakhir tekan dan tahan terus tombol Power / Lock selama sekitar 10 - 15 detik, jika berhasil maka iTunes akan menunjukkan mode Recovery dan layar iPhone akan menampilkan logo iTunes

Jika sudah masuk ke mode recovery silakan ikuti instruksinya untuk memulihkan iPhone, ingat selama proses pemulihan data-data dalam iPhone kemungkinan akan terhapus.

Jika Berhasil Menyala

Apabila iPhone kalian berhasil menyala, Selamat! langkah selanjutnya yang harus dilakukan agar iPhone kalian terhindar dari masalah yang sama adalah dengan mengupdate iOS ke versi terbaru dan cek kesehatan baterai kalian ( Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai ). Sebisa mungkin hindari cas berlebihan ( dari malam sampai pagi ) cabut jika daya baterai iPhone sudah terisi penuh.

Solusi Terakhir

Bila semua cara sudah dicoba namun tidak juga membuahkan hasil apabila iPhone kalian masih dalam masa garansi sebaiknya silakan digaransikan, namun jika sudah tidak dalam masa garansi bawa iPhone kalian ke tempat service terpercaya atau authorized Apple di Indonesia untuk memastikan apa penyebabnya dan apa yang harus diganti.

Baik sekian informasi cara memperbaiki iPhone X, XR dan XS yang tiba-tiba mati total, black screen dan tidak mau menyala sama sekali. Apabila ada yang ingin ditayakan atau sampaikan silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!