Cara Lengkap Mengatasi Apple Watch Tidak Dapat / Gagal Update

Bagi kalian pengguna Apple Watch, sangat penting rasanya untuk selalu rutin melakukan update watchOS, terutama apabila kalian menginginkan fitur-fitur baru, perbaikan bug hingga peningkatan keamanan. Namun melakukan update watchOS tidak selalu berjalan mulus sama halnya dengan iOS pada iPhone, ada saja pesan error tertentu yang muncul saat ingin melakukan update.


Khusus pada postingan kali ini saya akan membagikan beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk memperbaiki Apple Watch yang gagal mengupdate watchOS ke versi terbaru. Misalnya saja Tidak Dapat Memeriksa Pembaruan, Update Gagal, Tidak Dapat Memverifikasi / Menginstall Pembaruan dan lain sebagainya. Kalau begitu langsung saja berikut cara-cara yang dapat kalian lakukan untuk memperbaiki masalah-masalah tersebut.

Cara Memperbaiki Apple Watch Yang Tidak Bisa Update

Hal ini mencakup Apple Watch yang mengeluarkan pesan error : Tidak Dapat Memeriksa Pembaruan, Update Software Gagal, Tidak Dapat Memverifikasi Pembaruan, Tidak Dapat Menginstall Pembaruan hingga Apple Watch yang Bootloop karena gagal update.

#1 : Pastikan iPhone Terhubung ke Jaringan Internet

Bila Apple Watch kalian gagal untuk memeriksa maupun mengupdate software, pastikan iPhone kalian terhubung ke jaringan internet dan berjalan dengan baik. Untuk memastikan saja coba ubah sambungan internet pada iPhone kalian ke jaringan lainnya.

#2 : Pastikan Apple Watch Memiliki Baterai Minimal 50%

Sama halnya dengan iPhone, mengupdate watchOS pada Apple Watch membutuhkan daya baterai yang cukup banyak, hal ini untuk meminimalisir Apple Watch mati tiba-tiba saat melakukan proses update watchOS yang tentunya dapat menjadi masalah baru.

#3 : Dekatkan Jarak Antara iPhone dan Apple Watch

Hal ini penting juga, pastikan jarak antara iPhone dan Apple Watch kalian tidak terlalu jauh sehingga koneksi antara keduanya tidak terganggu.

#4 : Coba Restart iPhone Kalian

Selanjutnya kalian bisa mencoba merestart iPhone yang diterhubung ke Apple Watch, sederhananya silahkan matikan iPhone kalian, tunggu 30 detik kemudian nyalakan kembali.

#5 : Update iOS pada iPhone ke Versi Terbaru

Dalam beberapa kasus mengupdate iOS yang digunakan pada iPhone yang terhubung pada Apple Watch dapat memperbaiki masalah-masalah diatas.

#6 : Reset Pengaturan Jaringan iPhone

Mengatur Ulang Jaringan pada iPhone kalian ke pengaturan pabrik juga dapat membantu mengatasi masalah-masalah diatas, caranya silahkan masuk ke Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Jaringan.

#7 : Sambungkan Ulang Apple Watch

Selanjutnya kalian dapat memutuskan sambungan Apple Watch ke iPhone kemudian menyambungkannya kembali, caranya :

> Di Apple Watch silahkan masuk ke Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Hapus Konten & Pengaturan.
> Di iPhone silahkan masuk ke aplikasi Apple Watch kemudian pilih Watch Saya, selanjutnya pada Apple Watch kalian silahkan tap icon (i) disamping namanya, yang terakhir silahkan pilih Lepas Apple Watch.

#8 : Lakukan Force Restart Pada Apple Watch

Silahkan restart iPhone kalian dengan metode force restart, cara ini biasanya digunakan juga untuk memperbaiki Apple Watch yang stuck dilogo Apple. Caranya :

> Pada Apple Watch silahkan : Tekan lalu Tahan Tombol Power dan Tombol Crown Secara Bersamaan sekitar 10 Detik Hingga Apple Watch terlihat kembali merestart



Apabila Apple Watch sudah terlihat kembali merestart dan menampilkan Logo Apple lagi maka tinggal di tunggu saja secara otomatis Apple Watch akan kembali masuk kedalam menu utama Apple Watch

Baik sekian cara memperbaiki / mengatasi Apple Watch kalian yang bermasalah saat ingin melakukan update ke watchOS versi terbaru. Apabila ada yang ingin kalian tanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!