Apakah iPhone Tetap Tahan Air dan Debu Setelah Diperbaiki / Bongkar?

Apple mulai menanamkan fitur tahan air dan debu untuk pertama kalinya pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, hingga saat ini Apple terus meningkatkan rating ketahanan air dan debu pada iPhone terbarunya.


Meskipun begitu rating ketahanan terhadap air dan debu ini bukan berarti kalian bisa membawa iPhone kalian berenang dengan aman. Setidaknya sampai saat ini fitur rating ini hanya digunakan sebagai proteksi tambahan pada iPhone kalian untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu hal yang tidak diinginkan terjadi, misalnya saja iPhone ketumpahan air atau jatuh ke kolam. Walaupun dalam beberapa kasus tertentu rating ketahanan air pada iPhone terbaru ( sebut saja iPhone XS, 11 dengan rating IP68 ) dapat digunakan dengan cukup aman saat kondisi hujan.

Nah yang namanya barang elektronik tidak pernah lepas dari yang namanya masalah, begitu juga dengan iPhone. Suatu saat jika masalah datang misalnya saja baterai iPhone sudah harus diganti maka mau tidak mau iPhone tersebut akan dibongkar juga. Dan yang menjadi pertanyaan selanjutnya...

Apakah iPhone Tetap Memiliki Rating Ketahanan Terhadap Air dan Debu Setelah Diperbaiki, Service, Ganti Baterai atau Dibongkar?


Jawabannya, Tergantung. ya, tergantung siapa dan dimana iPhone kalian diperbaiki. iPhone sendiri memiliki lapisan perekat yang berfungsi untuk menahan air masuk kedalam iPhone, ketika iPhone dibongkar tentu saja lapisan yang biasa disebut adhesive strips tersebut, otomatis akan terkelupas dan fitur anti air bisa dikatakan sudah hilang.

Untuk itu tergantung teknisi yang memperbaiki iPhone kalian, apakah ia juga mengganti adhesive strips dengan yang baru juga atau tidak, jika ya kemungkinan fitur tahan air masih berlaku namun jika tidak tentu saja fitur tahan air sudah tidak ada.

Tetapi jika kalian memperbaiki iPhone kalian melalui Apple Store resmi, maka bisa dipastikan fitur tahan air dan debu pada iPhone kalian tetap ada setelah diperbaiki.

Apakah iPhone Refurbished Masih Memiliki Fitur Tahan Air dan Debu?


iPhone Refurbished sendiri merupakan iPhone yang sudah pernah diperbaiki sebelumnya ( tentu saja dengan cara dibongkar ), dan yang menjadi pertanyaannya, apakah iPhone refurbished masih memiliki rating ketahanan terhadap air dan debu? tentu saja kembali lagi ke pernyataan saya sebelumnya, semua tergantung si teknisi tersebut. Namun bisa dipastikan untuk iPhone refubished murah ( abal-abal ) 95% sudah tidak memiliki rating ketahanan air lagi.

Satu-satunya iPhone Refurbished yang masih memiliki fitur ketahanan air dan debu adalah iPhone Refurbished CPO resmi dari Apple.


Kesimpulan...

Sebagai kesimpulannya kalian bisa menanyakan secara jelas ke teknisi yang memperbaiki iPhone kalian, apakah mereka juga mengganti perekat atau adhesive strips untuk ketahanan air dan debu? tanyakan juga dengan jelas apakah masih ada jaminan untuk tahan air dan debu?

Sedangkan untuk iPhone yang diperbaiki oleh Apple Store resmi, iPhone Replacement ( pengganti ) atau iPhone Refurbished Resmi Apple CPO, bisa dipastikan 99.5% masih memiliki fitur rating ketahanan terhadap air.

Baik sekian informasi apakah iPhone tetap memiliki fitur rating ketahanan terhadap air dan debu setelah diservice, perbaiki atau dibongkar ( refurbished / replacement cpo dari Apple ). Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!