Cara Cek Aplikasi dan Games Yang Cocok Untuk iOS Jadul

Bagi pengguna iPhone dengan iOS yang sudah jadul bahkan sangat jadul, contohnya saja iPhone 3G yang cuma mentok di iOS 4.2.1, atau iPhone 3GS mentok di iOS 6.1.6 dan iPhone 4 di iOS 7.1.2. Pasti kesulitan menemukan aplikasi ataupun games yang cocok untuk diinstall. Karena memang untuk saat ini banyak aplikasi dan games di App Store yang membutuhkan iOS terbaru untuk dapat diinstall.


Lalu bagaimana cara mengetahui aplikasi apa sajakah yang kompatibel dengan iOS jadul yang kalian gunakan? untuk mengetahuinya mudah kalian cukup membuka salah satu website berikut :


Sebagai contoh disini saya ingin mencari aplikasi dan games yang masih kompatibel dengan iPhone 3GS iOS 6.1.6 dalam website Find Old Apps, kalian cukup mengisi menu iOS yang kalian gunakan, kemudian jenis perangkat ( iPhone, iPad atau iPod ), selanjutnya kalian juga dapat memilih kategori aplikasi yang akan dicari dan yang terakhir klik Find untuk melihat semua aplikasi yang kompatibel.


Jika sudah akan muncul daftar aplikasi sesuai yang dicari yang tentu saja masih kompatibel dengan perangkat yang kalian gunakan.

Namun, sayangnya untuk saat ini App Store sudah tidak menyediakan lagi aplikasi berbasi 32-bit. Sebagai alternatifnya apabila sebelumnya kalian pernah mendownload / membeli aplikasi yang masuk dalam daftar kompatibel tersebut, kalian dapat mendownloadnya lagi melalui menu App Store > Dibeli.

Beruntung jika kalian masih sempat menyimpan file .IPA salah satu aplikasi yang kompatibel, yang sebelumnya pernah di download melalui iTunes. ( sebagai catatan : 'dulu' iTunes dapat mendownload aplikasi dan aplikasi yang didownload melalui iTunes akan tersimpan dalam bentuk .IPA yang dapat kalian temukan pada folder Music > iTunes ).

Admin sendiri menyarankan untuk melakukan jailbreak pada iOS iPhone jadul kalian, kemudian mencari file .IPA yang kompatibel dari luar sana 😆, lalu install tweak AppSync dan yang terakhir install aplikasi .IPA tersebut menggunakan 3uTools.