Cara Jailbreak iOS 12.4.6 Menggunakan Checkra1n Semi-Tethered

Tepat hari ini Apple baru saja merilis pembaruan iOS 12.4.6 untuk pengguna iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPad Air ( gen-1 ), iPad Mini 2, iPad Mini 3 dan iPod Touch 6. Update tersebut tidak membawa fitur baru namun membawa perbaikan dan peningkatan keamanan untuk mencegah eksploitasi perangkat.


Meskipun membawa perbaikan dan peningkatan keamanan, tetap saja iOS 12.4.6 dapat di jailbreak menggunakan aplikasi Checkra1n yang sebelumnya juga sudah mendukung jailbreak iOS 12.4.5. Bagi yang heran kenapa? hal ini disebabkan aplikasi Checkra1n menggunakan exploit berbasis hardware untuk melakukan jailbreak. Maka dari itulah Apple tidak bisa menambal celah keamanan ini melalui update iOS berapapun. Perangkat-perangkat yang terdampak exploit ini mulai dari iPhone 5S hingga iPhone X. Namun begitu jailbreak ini masih bersifat Semi-Tethered yang membutuhkan komputer setiap kali ingin melakukan jailbreak ataupun jailbreak ulang.

Baca Juga : Perbedaan Jailbreak Semi-Untethered, Untethered, Semi-Tethered dan Tethered

Baik bagi yang berniat untuk melakukan jailbreak iOS 12.4.6 kalian dapat menggunakan aplikasi Checkra1n. Apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana cara melakukan jailbreak menggunakan aplikasi Checkra1n, silahkan langsung ikuti petunjuknya berikut ini.

Kompatibilitas Jailbreak

> Jailbreak ini mendukung semua iOS 12.4.6 termasuk iOS 12.4.5 dan iOS 12.4.4
> Jailbreak ini mendukung iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPad Air ( gen-1 ), iPad Mini 2, iPad Mini 3 dan iPod Touch 6
> Saat ini aplikasi Checkra1n hanya bisa dijalankan pada Mac dan Linux saja ( untuk Windows akan segera menyusul )

Catatan : Do it at your own risk! backup data-data penting sebelum melakukan jailbreak untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Jailbreak iOS 12.4.6 Melalui Linux Dan Mac

*Pastikan komputer Mac atau Linux kalian tersambung ke Internet

Khusus Pengguna Mac

#1 : Pertama download terlebih dahulu aplikasi jailbreak Checkra1n melalui link berikut :

Download Checkra1n

#2 : Jika sudah taruh aplikasi Checkra1n pada folder Application

#3 : Sekarang buka aplikasi Checkra1n dengan cara klik kanan kemudian Open

#4 : Kemudian sambungkan perangkat kalian yang ingin di jailbreak ke komputer, jangan lupa juga untuk membuka password pada iPhone kalian terlebih dahulu dan tap Trust / Percayai jika diminta

#5 : Setelah iPhone kalian terdeteksi oleh aplikasi Checkra1n, berhubung aplikasi Checkra1n belum di konfirmasi dapat melakukan jailbreak pada iOS 12.4.6 dengan baik, silahkan buka menu Options lalu nyalakan menu Allow untested iOS/iPadOS/tvOS versions.

#6 : Langkah selanjutnya klik Start > Next kemudian persiapkan iPhone kalian untuk masuk mode DFU sesuai arahan pada aplikasi checkra1n, jika sudah siap klik Start.

*apabila error code 77 coba nonaktifkan password pada iPhone kalian kemudian coba kembali

#7 : Bila sudah berhasil maka aplikasi Checkra1n akan melakukan jailbreak pada iPhone kalian, tunggu hingga prosesnya selesai.

#8 : Jika sudah berhasil sekarang buka iPhone kalian lalu buka aplikasi Checkra1n yang terinstall tap aplikasi Cydia kemudian pilih Install Cydia ( bila gagal pastikan iPhone kalian terhubung ke Internet ).

#9 : Terakhir perangkat akan respring dan aplikasi Cydia otomatis akan terinstall pada iPhone kalian, dan selamat perangkat kalian berhasil terjailbreak

Masih bingung? coba tonton video berikut :


Khusus Pengguna Linux

Khusus pengguna Linux caranya sedikit rumit dibandingkan pengguna Mac, admin sendiri sudah mencobanya dan memang berbeda. Untuk caranya sendiri silahkan ikuti langkah berikut ini :

#1 : Pastikan kalian sudah berada pada platform Linux, jika belum kalian bisa menginstall dan membuat ( boot ) linux ubuntu melalui Flash Drive menggunakan aplikasi Rufus. Cara lengkapnya bisa kalian lihat pada website Ubuntu berikut : https://ubuntu.com/tutorials/tutorial-create-a-usb-stick-on-windows#1-overview

#2 : Jika sudah pastikan juga komputer Linux kalian terhubung ke internet dan silahkan download aplikasi Checkra1n untuk Linux melalui link berikut

Download Checkra1n

#3 : Sekarang pindahkan program Checkra1n yang ada di folder Downloads ke desktop dengan cara klik kanan pada Checkra1n kemudian pilih Move to.. lalu pilih Desktop jika sudah klik Select.

#4 : Selanjutnya buka Terminal pada Linux lalu masukkan : 

echo "deb https://assets.checkra.in/debian /" | sudo tee -a /etc/apt/sources.list

Berhubung tidak bisa dicopy teksnya dan males ngetiknya, salin langsung dari website checkra1n melalui link berikut https://checkra.in/linux

Kemudian Enter dan tunggu hingga prosesnya selesai


#5 : Lanjutkan dengan memasukkan lagi :

sudo apt-key adv --fetch-keys https://assets.checkra.in/debian/archive.key

Kemudian Enter dan tunggu hingga prosesnya selesai


#6 : Masukkan lagi :

sudo apt update

Kemudian Enter dan tunggu hingga prosesnya selesai


#7 : Lanjutkan dengan memasukkan lagi:

cd Desktop

Kemudian Enter

#8 : Masukkan lagi :

chmod 777 checkra1n ( bila tidak ditemukan, silahkan ubah nama " checkra1n " sesuai nama file yang didownload )

Kemudian Enter

#9 : Terakhir masukkan :

sudo ./checkra1n

Kemudian Enter

#10 : Sekarang aplikasi Checkra1n otomatis akan tampil pada layar Linux kalian

#11 : Selajutnya silahkan sambungkan perangkat kalian yang ingin di jailbreak ke komputer, jangan lupa juga untuk membuka password pada iPhone kalian terlebih dahulu dan tap Trust / Percayai jika diminta

#12 : Setelah iPhone kalian terdeteksi oleh aplikasi Checkra1n, berhubung aplikasi Checkra1n belum di konfirmasi dapat melakukan jailbreak pada iOS 12.4.6 dengan baik, silahkan buka menu Options lalu nyalakan menu Allow untested iOS/iPadOS/tvOS versions.


#13 : Jika sudah, selanjutnya klik Start > Next kemudian persiapkan iPhone kalian untuk masuk mode DFU sesuai arahan pada aplikasi checkra1n, jika sudah siap klik Start.


#14 : Bila sudah berhasil maka aplikasi Checkra1n akan melakukan jailbreak pada iPhone kalian, tunggu hingga prosesnya selesai.

*apabila error code 77 coba nonaktifkan password pada iPhone kalian kemudian coba kembali

#15 : Jika sudah berhasil sekarang buka iPhone kalian lalu buka aplikasi Checkra1n yang terinstall tap aplikasi Cydia kemudian pilih Install Cydia ( bila gagal pastikan iPhone kalian terhubung ke Internet ).

#16 : Terakhir perangkat akan respring dan aplikasi Cydia otomatis akan terinstall pada iPhone kalian dan selamat perangkat kalian berhasil terjailbreak

Masih bingung? coba tonton video berikut :


Khusus Pengguna Windows *Menyusul

* Menyusul karena belum dirilis :P *

Bagaimana? memang agak rumit ya untuk pengguna Linux namun akan terasa mudah jika sudah terbiasa, sedangkan untuk pengguna Mac ya gampang aja sih, ya gak?. Admin sendiri masih berharap agar developer Checkra1n segera merilis versi untuk Windows. Berhubung rata-rata pengguna iPhone tidak memiliki Mac.

Baik sekian informasi cara Jailbreak iOS 12.4.6 untuk iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPad Air ( gen-1 ), iPad Mini 2, iPad Mini 3 dan iPod Touch 6. Apabila ada yang masih kurang dimengerti dan kurang jelas, silahkan tinggalkan pertanyaan kalian pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!