Cara Mematikan iPhone Tanpa Menyentuh Layar Melalui 3uTools

Apabila layar touchscreen iPhone kalian mengalami kerusakan entah karena terjatuh, retak, pecah sehingga layar tidak merespon sentuhan lagi. Pada postingan kali ini saya akan memberikan cara untuk mematikan iPhone (bukan di restart ataupun force restart :P).


Catatan: apabila layar iPhone tiba-tiba tidak bisa disentuh dan bukan disebabkan oleh layar / touchscreen yang rusak (misalnya: pecah, retak, dsb.), kalian bisa menggunakan cara force restart pada postingan berikut Cara Mengatasi Layar iPhone X, XR, XS, 11, 11 Pro Tidak Bisa Disentuh atau Cara Mengatasi Layar iPhone 6, 6S, SE, 7, 8 Tidak Bisa Disentuh

Dalam keadaan normal untuk mematikan iPhone terdapat dua cara, pertama tanpa tombol yang bisa dilakukan melalui assitive touch dan yang kedua melalui menu di Pengaturan.

Namun kedua cara ini tetap membutuhkan sentuhan pada layar, sedangkan jika layar / touchscreen iPhone mengalami kerusakan sehingga tidak bisa disentuh maka kedua cara tadi sia-sia saja (tak terkecuali force restart).

Nah sebagai solusinya kalian dapat memanfaatkan aplikasi 3uTools di komputer. Aplikasi 3uTools adalah aplikasi manajemen iPhone yang memiliki banyak fungsi termasuk untuk mematikan iPhone tanpa menyentuh layar dan tombol iPhone sama sekali.

Namun ingat, cara ini hanya untuk mematikan iPhone saja dalam arti pengguna tidak bermaksud untuk memulai ulang iPhone secara paksa karena nge-hang atau masalah lainnya (baca quote catatan di atas).

Cara Mematikan iPhone Tanpa Menyentuh Layar Maupun Tombol

1. Pastikan komputer sudah terinstall iTunes dan aplikasi 3uTools, jika belum silakan download dan install terlebih dahulu melalui link berikut

Download - iTunes
Download - 3uTools

2. Setelah itu sambungkan iPhone ke komputer menggunakan kabel data

3. Sekarang buka aplikasi 3uTools dan pastikan iPhone sudah terdeteksi (jika tidak terdeteksi silakan buka iPhone terlebih dahulu menggunakan touch id atau face id)

4. Jika iPhone sudah terdeteksi aplikasi 3uTools sekarang pilih menu Toolbox lalu pilih menu Turn Off iDevice seperti yang ditunjukkan gambar berikut


5. Selanjutnya klik Turn Off dan iPhone otomatis akan mati sendiri tanpa menyentuh layar maupun tombol apapun :)


Tidak disarankan untuk menyalakan iPhone kembali jika memang terdapat kerusakan pada touchscreen, sebab jika iPhone dinyalakan kembali kalian harus memasukkan password agar dapat terdeteksi oleh aplikasi 3uTools, sedangkan layar iPhone tidak bisa disentuh lagi. Kalau sudah begini mau tidak mau kalian harus membawa iPhone untuk diperbaiki atau menunggu baterainya habis.

Baik sekian trik mematikan iPhone pada iPhone yang tidak dapat disentuh layarnya karena kerusakan pada touchscreen. Apabila ada yang ingin ditayakan atau sampaikan silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!