Cara Mengontrol Akses Download Di App Store iOS iPhone & iPad

Kemarin saya menemukan beberapa pertanyaan dari beberapa orang, khususnya para orang tua yang sedang mencari cara agar anaknya tidak bisa mendownload dan menginstall game dari App Store iPhone maupun iPad. Kebiasaan anak yang terus-menerus bermain game dan mengindahkan tanggung jawabnya sebagai pelajar, memang membuat para orang tua khawatir. Tetapi tenang saja pada postingan kali ini saya akan membagikan cara agar iPhone dan iPad tidak dapat menginstall aplikasi maupun games tanpa seizin kalian.


Disini kita akan menggunakan dua cara yang pertama dengan fitur Durasi Layar, yang bekerja dengan cara menyembunyikan aplikasi App Store sehingga tidak bisa diakses. Kalian juga dapat menambahkan password untuk mencegah jika seseorang ataupun anak kalian sudah mengetahui cara untuk menonaktifkan fitur ini. Sedangkan fitur yang kedua adalah dengan menonaktifkan penggunaan Face ID atau Touch ID sebagai metode konfirmasi download di App Store. Jadi setiap kali ingin mendownload aplikasi, App Store akan meminta untuk memasukkan password alih-alih menggunakan Face / Touch ID.

Baik kalau begitu langsung saja, silahkan ikuti dua cara tersebut :

Menyembunyikan dan Mengunci Akses ke App Store

#1 : Silahkan buka aplikasi Pengaturan kemudian pilih Durasi Layar ( bila belum diatur silahkan diatur dulu, ikuti sesuai arahan )

#2 : Jika sudah sebagai proteksi tambahan kalian dapat memasang password setiap kali ingin mengakses menu Durasi Layar dengan cara tap menu Gunakan Kode Sandi Durasi Layar

#3 : Sekarang lanjutkan untuk menyembunyikan aplikasi App Store, caranya silahkan tap menu Pembatasan Konten & Privasi lalu nyalakan menu Pembatasan Konten & Privasi kemudian pilih menu Pembelian iTunes & App Store > Menginstall App lalu pilih Jangan Izinkan.


#4 : Sekarang aplikasi App Store pada perangkat kalian sudah disembunyikan

Untuk menampilkan kembali aplikasi App Store silahkan pilih kembali Izinkan pada menu Menginstall App tadi

Menggunakan Password Setiap Kali Ingin Menginstall Aplikasi

#1 : Buka aplikasi Pengaturan kemudian pilih menu Face ID & Kode Sandi atau Touch ID & Kode Sandi

#2 : Selanjutnya silahkan masukkan password perangkat kalian kemudian matikan menu iTunes & App Store


#3 : Sekarang setiap kali ingin menginstall aplikasi di App Store maka harus memasukkan password terlebih dahulu

Untuk mengembalikan ke pengaturan awal silahkan nyalakan kembali menu iTunes & App Store dan masukkan password Apple ID kalian

Bagaimana gampang kan? dengan fitur-fitur diatas kalian dapat membatasi akses orang lain yang ingin menginstall aplikasi tanpa seizin kalian.

Baik sekian informasi cara agar anak tidak bisa download aplikasi maupun games di App Store tanpa seizin kalian. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!